Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 16 Agustus 2018 | 03:25 WIB

Ibu Susu Rasul: Halimah bin Abi Dzuaib As-Sadiyah

Oleh : - | Minggu, 14 Januari 2018 | 18:00 WIB
Ibu Susu Rasul: Halimah bin Abi Dzuaib As-Sadiyah
(Foto: ilustrasi)

DI sini akan dibicarakan mengenai ibu susu Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam yaitu Ummu Aiman, Tsuwaibah dan Halimah. Ketiga: Halimah bin Abi Dzuaib As-Sadiyah.

Kisah Halimah sebagai ibu susu berawal dari rombongan wanita yang mencari bayi yang mau disusui. Di antara mereka adalah Halimah binti Abi Dzuaib As-Sadiyah radhiyallahu anha. Kemudian ditawarkanlah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam kepada para wanita itu.

Semua wanita tadi menolak tatkala dikatakan bahwa dia adalah anak yatim. Namun, setelah semua wanita telah mendapatkan anak susuan, sementara Halimah radhiyallahu anha belum mendapatkan anak susuan, maka dia kembali menemui beliau dan membawanya pulang. Dalam Shahih Muslim telah dijelaskan mengenai penyusuan ini.

Setelah dua tahun berlalu, Halimah datang bersama beliau kepada ibunya dengan keinginan agar beliau tetap bersamanya karena berkah yang mengiringinya selama Rasulullah tinggal bersama mereka. Akhirnya, beliau tetap bersama Halimah hingga batas waktu yang dia sepakati untuk mengembalikan beliau kepada ibunya.

Kisah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam menyusui pada selain ibunya sangat terkenal dalam kitab-kitab Sirah yang dikisahkan langsung oleh Halimah As-Sadiyah radhiyallahu anha. Dia menceritakan peristiwa kedatangannya ke Mekkah. Sampai akhirnya memilih Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam karena tidak lagi mendapatkan yang lainnya. Yang terjadi setelah itu, di rumah keluarga Halimah mendapat berkah yang banyak.

[baca lanjutan: Alasan Rasulullah Disusui di Pedesaan]

Komentar

Embed Widget

x