Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 28 Mei 2018 | 00:48 WIB
 

Contoh Sifat Malu Orang-Orang Saleh

Oleh : - | Jumat, 12 Januari 2018 | 09:00 WIB
Contoh Sifat Malu Orang-Orang Saleh
(Foto: Ilustrasi)

CONTOH akhlak yang mulia ini dapat dilihat pada Nabi Musa alaihis salam. Nabi Musa adalah pemalu dan selalu tertutup auratnya. Tidak pernah terlihat kulitnya karena malu. Kemudian Bani Israil mencelanya. Mereka sampai mengatakan bahwa Musa selalu tertutupi badannya karena dia terkena kusta atau penyakit kulit. (HR. Bukhari dan Muslim)

Sungguh generasi teladan yang pertama, yang telah mewarisi akhlaq mulia dari Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, mereka itu sangatlah pemalu. Di antara mereka yang dijadikan contoh yang mengagumkan dalam hal ini, hingga para malaikat pun malu kepadanya adalah Utsman bin Affan radhiyallahu anhu. Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Yang paling jujur dalam rasa malu adalah Utsman." (Hadits ini shahih, dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Silsilah Ash-Shahihah, no. 1224)

Beliau shallallahu alaihi wa sallam juga mengatakan tentang Utsman, "Apakah aku tidak malu pada seseorang yang para Malaikat saja malu kepadanya." (HR. Muslim, no.6362)

Ya Allah bekalilah kami dengan sifat yang mulia ini. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kaum muslimin. Semoga Allah selalu memberikan ilmu yang bermanfaat, rizki yang thoyib, dan menjadikan amalan kita diterima di sisi-Nya. Innahu samiun qoriibum mujibud daawaat.

Alhamdulillahilladzi bi nimatihi tatimmush sholihaat, wa shallallahu ala nabiyyina Muhammad wa ala alihi wa shohbihi wa sallam. [Muhammad Abduh Tuasikal]

Komentar

 
Embed Widget

x