Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 23 September 2018 | 17:06 WIB

Sabarlah pada Orang yang Sulit Melunasi Utang

Kamis, 4 Januari 2018 | 08:00 WIB

Berita Terkait

Sabarlah pada Orang yang Sulit Melunasi Utang
(Foto: Ilustrasi)

SYAIKH Muhammad Shalih Al-Munajjid hafizahullah menyatakan dengan tegas bahwa denda ketika membayar angsuran dari waktu yang ditetapkan termasuk dalam riba jahiliyah yang para ulama sepakat akan keharamannya. Karena riba jahiliyah dahulu seperti itu. Lihat bahasan dalam Fatwa Al-Islam Sual wa Jawab, no. 117956.

Ibnu Katsir rahimahullah mengatakan, "Bersabarlah kepada orang yang sulit melunasi utang." (Tafsir Al-Quran Al-Azhim, 2:287)

Di halaman yang sama, Ibnu Katsir juga menyatakan bahwa jangan seperti orang jahiliyah yang akan berkata kepada pihak yang berutang (debitor) ketika sudah jatuh tempo, "Lunasilah! Kalau tidak, utangmu akan dibungakan."

Yang harusnya dilakukan pada orang yang berutang sebagaimana disebutkan dalam ayat berikut, "Dan jika (orang yang berutang itu) berada dalam kesukaran maka berilah tangguh sampai dia lapang. Dan menyedekahkan (sebagian atau semua utang) itu lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui." (QS. Al-Baqarah: 280)

Dari salah seorang sahabat Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, yaitu Abul Yasar; beliau shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Barang siapa ingin mendapatkan naungan Allah Azza wa Jalla, hendaklah dia memberi tenggang waktu bagi orang yang mendapat kesulitan untuk melunasi utang atau bahkan dia membebaskan utangnya tadi." (HR. Ahmad, 3:427. Syaikh Syuaib Al-Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Semoga bermanfaat. Ya Allah, cukupkanlah kami dengan yang halal, jauhkanlah kami dari yang haram. [Muhammad Abduh Tuasikal]

Komentar

Embed Widget
x