Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 19 Oktober 2018 | 01:21 WIB

Jangan Sebut Yahudi dengan Israel!

Senin, 11 Desember 2017 | 10:00 WIB

Berita Terkait

Jangan Sebut Yahudi dengan Israel!
(Foto: Ilustrasi)

DI antara fenomena ganjil yang tersebar di tengah kaum muslimin adalah menamai dan menyebut negeri Yahudi yang dimurkai oleh Allah dengan sebutan Israel. Kemudian Israel dan negeri Israel-lah yang dicela dan dicerca. Apakah tepat kita mencela Israel? Simaklah pembahasan berikut untuk menjawab pertanyaan ini.

Ketahuilah bahwa Israel sebenarnya adalah Nabi Yaqub alaihis salam. Dalam tafsir Ibnu Abi Hatim, dari Ibnu Abbas, beliau radhiyallahu anhu mengatakan, "Suatu saat sekelompok orang Yahudi mendatangi Nabi shallallahu alaihi wa sallam. Ketika itu beliau bertanya pada mereka: "Apakah kalian mengetahui bahwa Israel adalah Yaqub?" Orang-orang Yahudi itu pun menjawab, "Itu betul." Lantas Nabi shallallahu alaihi wa sallam berkata, Ya Allah saksikanlah perkataan mereka."

Jadi, sangat jelas dalam hadits ini bahwa Israel adalah Nabi Yaqub alaihis salam. Perhatikanlah firman Allah Taala berikut, "Dan ingatlah hamba-hamba Kami: Ibrahim, Ishaq dan Yaqub yang mempunyai perbuatan-perbuatan yang besar dan ilmu-ilmu yang tinggi. Sesungguhnya Kami telah mensucikan mereka dengan (menganugerahkan kepada mereka) akhlak yang tinggi yaitu selalu mengingatkan (manusia) kepada negeri akhirat. Dan sesungguhnya mereka pada sisi Kami benar-benar termasuk orang-orang pilihan yang paling baik." (QS. Shad: 45-47)

Lihatlah dalam ayat ini, Allah betul-betul memuji Nabi Allah Yaqub, begitu pula kakeknya Nabi Ibrahim dan bapaknya Nabi Ishaq. Ibnul Jauzi mengatakan bahwa mereka memiliki ulil aydi yaitu kekuatan dalam melakukan ketaatan dan memiliki al abshor yaitu kepandaian dalam agama dan ilmu. Dalam tafsir Al Jalalain dikatakan bahwa mereka memiliki kekuatan dalam beribadah dan kepandaian dalam agama. Syaikh Abdurrahman bin Nashir As Sadi menyimpulkan bahwa Allah menyifati mereka dengan ilmu nafi (ilmu yang bermanfaat) dan amal sholeh yang banyak. Itulah pujian Allah kepada Yaqub dan sangat mulianya kedudukan beliau alaihis salam dalam agama ini.

[baca lanjutan: Allah Melaknat Orang Yahudi dalam Alquran]

Komentar

Embed Widget
x