Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 17 Januari 2018 | 04:24 WIB

Gambaran Malaikat Maut Bagi Muslim dan Kafir

Oleh : - | Senin, 8 Januari 2018 | 14:00 WIB
Gambaran Malaikat Maut Bagi Muslim dan Kafir
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

NANTI, pada saat Malaikat Maut menjumpai manusia, dia menampakkan diri dengan wujud yang berbeda-beda tergantung dari amal perbuatan manusia itu selama hidup di dunia. Bagi mereka yang banyak mengerjakan amal saleh, maka malaikat maut akan datang dengan wujud yang bagus.

Sedangkan sebaliknya, bagi orang kafir, malaikat maut akan datang dengan wujud yang sangat menyeramkan. Untuk mengetahui wujud dari malaikat maut, kita tengok hadis yang telah diriwayatkan oleh paman Nabi sendiri, Ibnu Abbas ra.

Dikisahkan ketika Nabi Ibrahim as meminta kepada Malaikat Maut untuk memperlihatkan caranya mencabut nyawa seorang mukmin. Nabi Ibrahim berkata, "Dapatkah engkau memperlihatkan rupamu saat engkau mencabut nyawa manusia yang gemar berbuat dosa?"

Malaikat maut hanya menjawab pendek saja, "Wahai Nabiyullah, engkau pasti tak akan sanggup melihatnya." "Aku pasti sanggup," tegas Nabi Ibrahim as.

"Baiklah jika demikian, sekarang berpalinglah dariku sebentar," pinta malaikat maut.

Sesaat kemudian Nabi Ibrahim as berpaling dengan membelakangi Malaikat Maut. Setelah itu Nabi Ibrahim as kemudian menghadap kembali ke Malaikat Maut yang sudah mengganti wujudnya.

Alngkah kagetnya Nabi Ibrahim as setelah melihat sosok makhluk di hadapannya. Di hadapannya telah berdiri sesosok makhluk besar, berkulit hitam legam dengan rambut berdiri menyemburkan api, berbau busuk dan berpakaian serba hitam. Dari mulut dan hidungnya juga tersembur jilatan api.

Seketika itu juga Nabi Ibrahim as langsung pingsan di tempat.

Ketika tersadar, Nabi Ibrahim as pun berkata kepada Malaikat Maut yang sudah berwujud bagus lagi itu. "Wahai Malaikat Maut, seandainya para pendosa itu tak menghadapi sesuatu yang lain dari wajahmu di saat kematiannya, niscaya cukuplah itu menjadi hukuman untuknya."

Dari Ikrimah dari Ibnu Abbas juga. Suatu saat Nabi Ibrahim as meminta kepada malaikat maut agar mengubah wujudnya saat mencabut nyawa orang-orang yang beriman.

Malaikat maut menyuruh Nabi Ibrahim as untuk membelakanginya terlebih dahulu. Sesaat kemudian Nabi Ibrahim as kembali berpaling menghadap malaikat maut. Setelah membalikkan badannya kembali, di hadapan Nabi Ibrahim as telah berdiri seorang pemuda tampan, gagah, berpakaian indah dan beraroma wangi, sangat harum menyengat hidung.

Nabi Ibrahim as berkata, "Demi Allah SWT, seandainya orang beriman melihat rupamu di saat kematiannya, niscaya cukuplah itu sebagai imbalan amal baiknya."

Nah, itulah wujud Malaikat Maut saat akan mencabut nyawa manusia.

Bagi orang yang beriman, Malaikat Maut akan datang dengan rupa:

1. Seorang pemuda tampan.

2. Gagah.

3. Berpakaian indah.

4. Beraroma wangi.

Bagi yang kafir, Malaikat Maut akan datang dengan rupa:

1. Sesosok makhluk yang besar.

2. Kulitnya hitam legam.

3. Rambutnya berdiri menyemburkan api.

4. Hidung dan mulutnya mengeluarkan api.

5. Berbau busuk.

Wallahu alam. []

Komentar

 
Embed Widget

x