Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 16 Agustus 2018 | 03:30 WIB

Awas! Mengamalkan Amalan Surga tapi Masuk Neraka

Oleh : - | Jumat, 5 Januari 2018 | 14:00 WIB
Awas! Mengamalkan Amalan Surga tapi Masuk Neraka
(Foto: Ilustrasi)

SESUNGGUHNYA setiap amalan tergantung pada akhirnya. Semoga kita bisa mengambil pelajaran dari hadits berikut:

Sahl bin Saad As-Saidi berkata bahwa Nabi shallallahu alaihi wa sallam pernah melihat ada yang membunuh orang-orang musyrik dan ia merupakan salah seorang prajurit muslimin yang gagah berani. Namun anehnya beliau malah berujar, "Siapa yang ingin melihat seorang penduduk neraka, silakan lihat orang ini." Kontan seseorang menguntitnya, dan terus ia kuntit hingga prajurit tadi terluka dan ia sendiri ingin segera mati (tak kuat menahan sakit, pen.). Lalu serta merta, ia ambil ujung pedangnya dan ia letakkan di dadanya, lantas ia hunjamkan hingga menembus di antara kedua lengannya.

Selanjutnya Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Sungguh ada seorang hamba yang menurut pandangan orang banyak mengamalkan amalan penghuni surga, namun berakhir menjadi penghuni neraka. Sebaliknya ada seorang hamba yang menurut pandangan orang melakukan amalan-amalan penduduk neraka, namun berakhir dengan menjadi penghuni surga. Sungguh amalan itu dilihat dari akhirnya." (HR. Bukhari, no. 6493)

Dalam riwayat lain disebutkan, "Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada akhirnya." (HR. Bukhari, no. 6607)

Amalan yang dimaksud di sini adalah amalan shalih, bisa juga amalan jelek. Yang dimaksud bil khawatim adalah amalan yang dilakukan di akhir umurnya atau akhir hayatnya. Az-Zarqani dalam Syarh Al-Muwatha menyatakan bahwa amalan akhir manusia itulah yang jadi penentu dan atas amalan itulah akan dibalas. Siapa yang beramal jelek lalu beralih beramal baik, maka ia dinilai sebagai orang yang bertaubat. Sebaliknya, siapa yang berpindah dari iman menjadi kufur, maka ia dianggap murtad.

[baca lanjutan: Awas! Biasa Beramal Baik tapi Mati Suul Khatimah]

Komentar

Embed Widget

x