Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 19 September 2018 | 08:58 WIB

Tak Sulit Bagi Allah Membuat dan Menghapus Masalah

Oleh : KH Ahmad Imam Mawardi | Kamis, 4 Januari 2018 | 00:01 WIB

Berita Terkait

Tak Sulit Bagi Allah Membuat dan Menghapus Masalah
(Foto: Ilustrasi)

MUNGKIN ada di antara kita yang menghadapi berbagai musibah, ujian, dan derita pada tahun lalu yang kemudian mengeluhkannya karena tak kunjung usai berganti kebahagiaan. Hatinya bertanya mengapa Allah tidak mengabulkan pintanya untuk menyelesaikan musibah dan ujian itu.

Mungkin ada juga yang keluhannya telah mencapai puncak putus asa dan bahkan sampai pada kekeroposan tauhid dengan menduga bahwa Allah pilih kasih atau Allah tak sepenuhnya kuasa. Semoga kita tidak termasuk di dalamnya.

Ingin saya menegaskan apa yang sesungguhnya sudah jelas bahwa Allah adalah Maha Kuasa akan segala sesuatu. Tak sulit dan tak repot bagiNya mengadakan suatu masalah atau menghapus suatu masalah. Tanamkan keyakinan bahwa semua takdirNya adalah penuh dengan rahmah dan hikmah, walau tak semua rahmah dan hikmah itu dipahami dengan mudah seketika oleh banyak kepala.

Renungkan, Allah SWT berfirman: "Sungguh pada hari ini Aku memberi balasan kepada mereka, karena kesabaran mereka; sungguh mereka itulah orang-orang yang memperoleh kemenangan." (QS. Al-Mu'minun: Ayat 111)

Penundaan apa yang diinginkan atau penimpaan sesuatu yang tak diinginkan sesungguhnya adalah karena Allah ingin sekali memberikan kebahagiaan dan kemenangan hakiki di alam keabadian. Catatannya adalah bahwa itu semua dengan syarat kesabaran untuk tetap bertauhid, beribadah dengan benar dan berperilaku yang baik.

Semoga kita termasuk orang-orang yang mampu memetik hikmah dari setiap peristiwa. Salam, AIM. [*]

Komentar

Embed Widget
x