Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 16 Agustus 2018 | 17:15 WIB

Perhatian dalam Memasuki Jalan Tol Kehidupan

Oleh : KH Ahmad Imam Mawardi | Jumat, 15 Desember 2017 | 00:05 WIB
Perhatian dalam Memasuki Jalan Tol Kehidupan
(Foto: Ilustrasi)

KALAU sudah jelas salah masuk gate tol, janganlah perjalanan dilanjutkan sampai akhir jalan tol. Namun, carilah exit terdekat untuk kembali ke gate tol yang tepat. Melanjutkan jalan yang salah adalah sebuah kebodohan dan penyia-nyiaan waktu.

Jika mencari jalan exit, waspadalah dan hati-hatilah jangan sampai salah exit juga. Kisah derita akan semakin panjang, rambut kepala akan semakin rapuh untuk rontok. Pastikan pintu exitnya adalah benar dan yang tercepat untuk kembali ke jalur yang dituju.

Benar, tulisan di atas adalah tentang jalan tol. Anggap saja jalan tol itu adalah jalan hidup yang kita pilih karena dianggap yang paling lurus menuju bahagia dan paling cepat menuju cita. Tidak jarang orang salah pilih jalan hidup karena memang tak memiliki penunjuk jala dan buku panduan. Salah baru disadari saat sudah terlambat. Namun, membiarkan tanpa solusi hanya akan menjadikan hidup ini berputar di lingkaran setan yang berputar-putar tanpa ujung.

Saat kondisi seperti itu, ar ruju' ila Allah (kembali kepada Allah) adalah langkah pertama dan utama. Bacalah kalamNya dan ikuti perintahNya. Jauhi laranganNya dan teladanilah utusanNya. Jangan mau terus menerus bingung dan menderita karena salah jalan. Salam, AIM. [*]

Komentar

Embed Widget

x