Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 18 Desember 2017 | 14:14 WIB

Rasa Bersaudara

Oleh : KH Abdullah Gymnastiar | Sabtu, 9 Desember 2017 | 01:05 WIB
Rasa Bersaudara
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

ALHAMDULILLAH. Segala puji hanya milik Allah Swt. Semoga Allah Yang Maka Melihat, Maha Mendengar lagi Maha Menyaksikan, mengumpulkan kita di akhirat bersama orang-orang sholih, para sahabat dan bersama Rasulullah Saw. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda Nabi Muhammad Saw.

Allah Swt berfirman,"Sesungguhnya orang-orang beriman itu bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan bertawakallah kepada Allah, supaya kamu mendapat rohmat."(QS. Al Hujurot [49] : 10)

Saudaraku, umat Islam adalah umat yang sangat besar, dan takdir Allah Indonesia menjadi rumah dengan penghuni kaum muslimin terbesar di dunia.Maasyaa Allah.Umat yang besar ini tentu saja di dalamnya terdiri dari berbagai macam tipe orang, berbagai macam keinginan, minat, cita-cita, karakter, kebiasaan, profesi dan lain sebagainya. Akan tetapi, di atas semua itu, umat yang besar ini memiliki satu kesamaan yaitu kesamaan akidah, hanya menyembah Allah Swt dan mengikuti Rasulullah Saw.

Umat Islam di sebuah negara dipersatukan dengan wilayahnya. Umat Islam di suatu kawasan dipersatukan dengan budaya dan bahasanya. Dan, umat Islam di seluruh dunia dipersatukan dengan keimanannya kepada Allah Swt.

Oleh karena itu, penting untuk kita senantiasa menyadari persaudaraan sesama muslim. Sehingga manakala sebagian kaum muslimin sedang dizholimi atau sedang berada dalam kesempitan dan kesulitan, maka sebagian muslim yang lain antusias untuk meringankan bebannya.

Adakalanya kita merasa punya keterbatasan untuk membantu sesama muslim, yang boleh jadi disebabkan kesibukan kita, atau disebabkan jarak yang jauh. Memang tidak setiap kita bisa membantu secara langsung, misalnya dengan datang langsung ke lokasi di mana saudara kita sedang ditimpa kesulitan. Namun, bukankah banyak saudara kita yang lain yang memiliki peran berbeda dengan kita, yaitu mereka yang episodenya sedang memungkinkan untuk menjadi perantara, penyambung antara kita dengan saudara kita yang sedang mengalami kesulitan.

Semangat berbagi peran, semangat saling mengisi, bersinergi, bekerjasama perlu terus kita gelorakan untuk mengeratkan ukhuwah islamiyyah. Jangan sampai terjadi sikap tidak peduli, sikap acuh terhadap penderitaan sesama muslim. Karena ciri dari keimanan kita kepada Allah Swt adalah tercermin dalam rasa empati dan persaudaraan kita kepada sesama muslim. Semoga semakin bertambahnya hari, rasa persaudaraan di antara sesama umat Islam semakin kokoh.Aamiin yaa Robbalaalamiin. [*]

Komentar

 
Embed Widget

x