Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 15 Desember 2017 | 19:15 WIB

Belajar Memilah dan Memilih

Oleh : KH Ahmad Imam Mawardi | Selasa, 5 Desember 2017 | 00:03 WIB
Belajar Memilah dan Memilih
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

SEBAGIAN nasehat wajib kita dengar. Sebagian lainnya adalah layak untuk didengar. Sementara sebagian yang lain sungguh tak pantas sama sekali untuk didengar. Pandai-pandailah memilah dan memilih bagaimana isi nasehat itu dan dari siapa nasehat itu. Kesalahan memilih nasehat sangat mungkin mengantarkan kita pada bencana yang tak diduga.

Sebagian berita wajib kita baca. Sebagian lainnya adalah layak kita baca. Sementara sebagian lainnya adalah sama sekali tak layak kita baca. Pandai-pandailah memilah dan memilih berita apa dan dari siapa. Salah memilih berita bukan tidak mungkin membuat kita pusing tujuh keliling.

Sebagian yang kita ketahui wajib kita ucapkan. Sebagian lain adalah layak untuk diucapkan. Sementara sebagian lainnya sungguh tak layak diucapkan. Pandai-pandailah memilah dan memilih apa saja yang perlu diucapkan dan kepada siapa. Salah memilih materi dan salah memilih pendengar bisa saja menjadi masalah.

Ada sesuatu yang harus disampaikan kepada semua orang. Ada sesuatu yang harus disampaikan kepada sebagian orang. Dan ada pula yang tidak perlu disampaikan kepada siapapun. Bahkan ada pula yang terlarang disampaikan kepada siapapun. Pandai-pandailah memilah dan memilih agar tidak menimbulkan kesulitan diri.

Memilih sesuatu yang tepat, pada saat yang tepat, serta pada tempat yang tepat dan juga untuk orang yang tepat adalah keahlian yang hanya dimiliki orang bijak. Mari kita belajar menjadi bijak. Salam, AIM. [*]

Komentar

 
Embed Widget

x