Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 15 Desember 2017 | 19:23 WIB

Teruslah Mengajak Kebaikan

Oleh : KH Ahmad Imam Mawardi | Sabtu, 2 Desember 2017 | 00:03 WIB
Teruslah Mengajak Kebaikan
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

MENGAJAK kebaikan tak selalu mudah. Mengajak kebaikan tak selalu berhasil. Mengajak kebaikan tak selalu langsung mendapatkan respons. Mengajak kebaikan kadang butuh waktu.

Manusia itu mirip-mirip seperti tanaman. Ada yang cepat tumbuh walau hanya dengan sedikit siraman air dan ada pula yang sulit tumbuh walau telah disirami cukup air. Petani yang baik adalah petani yang tetap sabar dan telaten menyirami dan memeliharanya.

Jangan pernah lelah mengajak kebaikan walau hasilnya masih juga belum tampak. Bacalah kisah Nabi Nuh yang selama 950 tahun berdakwah terus menerus walau respon dari ummatnya tak menggembirakan dan hasilnya pun tak seperti diharapkan.

Nabi diutus hanyalah untuk menyampaikan. Sementara petunjuk atau hidayah adalah urusan Allah. Tugas kitapun adalah mengajak dan menyampaikan. Diikuti atau tidak bukan masalah utama dan pertama, melainkan masalah nomer petto lekor (27).

Mari kita ajak keluarga, saudara dan teman kita mengaji. Kalau mereka masih enggan, sirami terus dengan ajakan tanpa bosan. Bisa jadi yang tak mau diajak itu sama dengan jenis tumbuhan yang butuh siraman banyak air. Masih tetap tak mau? Siramlah dengan air. Selamat pagi, AIM. [*]

Komentar

 
Embed Widget

x