Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 18 Desember 2017 | 14:04 WIB

5 Amalan Baik Sebelum Mengerjakan Salat (bag 1)

Oleh : - | Sabtu, 2 Desember 2017 | 06:00 WIB
5 Amalan Baik Sebelum Mengerjakan Salat (bag 1)
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

TIDAK ada doa atau bacaan khusus yang dilakukan sebelum mengerjakan salat. Namun ada amalan-amalan yang baik untuk dilakukan sebelum mengerjakan salat, khususnya salat fardu.

1. Bersiwak

Menurut Imam An Nawawi, siwak adalah penggunaan sebuah ranting pohon atau semisalnya pada gigi untuk menghilangkan kotoran (Tahriru Alfaazith Tanbih, hal 33). Bersiwak adalah kegiatan membersihkan gigi dengan menggosoknya dengan sesuatu yang keras, misalnya ranting pohon Al Arok (kayu siwak), ranting pohon kurma, ranting pohon zaitun, atau sikat dan pasta gigi seperti yang banyak kita temui di kehidupan sehari-hari. Maksud dari sunah bersiwak sebelum salat adalah untuk mengharumkan bau mulut, membersihkan gigi, dan mengeluarkan kotorannya sehingga tidak mengganggu jalannya ibadah salat.

2. Memperbarui wudu

Syaikh Abdul Aziz bin Baz pernah ditanya: "Manakah amalan yang lebih utama sebelum melaksanakan salat fardu? Apakah memperbarui wudu, itikaf di masjid, membaca alquran atau melaksanakan salat sunah?"

Beliau menjawab: "Memperbaharui wudu dianjurkan jika orang yang melakukannya telah berwudu sebelumnya. Jika ia memperbarui wudu hal itu lebih utama, namun perkara tersebut tidaklah wajib. Dianjurkan bersegera (menuju masjid) untuk melaksanakan salat dan duduk di dalamnya dalam rangka menunggu pelaksanaan salat. Sebab padanya terdapat kebaikan yang besar. Tidak mengapa jika duduk di masjid tersebut dinamakan iktikaf. Karena berada di dalam masjid pun bisa disebut iktikaf jika diniatkan seperti itu sambil menunggu salat atau duduk di dalam masjid sembari membaca alquran. Ini merupakan bentuk pendekatan diri kepada Allah Jalla wa Alaa."

[baca lanjutan: 5 Amalan Baik Sebelum Mengerjakan Salat (bag 2)]

Komentar

 
Embed Widget

x