Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 16 Desember 2017 | 15:57 WIB

Rasul Berbuka Puasa atau Salat Magrib Dahulu?

Oleh : - | Rabu, 29 November 2017 | 07:00 WIB
Rasul Berbuka Puasa atau Salat Magrib Dahulu?
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

RASULULLAH shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Manusia akan senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka."

Dalam hadits yang lain disebutkan, "Umatku akan senantiasa berada di atas sunnahku (ajaranku) selama tidak menunggu munculnya bintang untuk berbuka puasa." Dan inilah yang ditiru oleh Rafidhah (Syiah), mereka meniru Yahudi dan Nashrani dalam berbuka puasa. Mereka baru berbuka ketika munculnya bintang. Semoga Allah melindungi kita dari kesesatan mereka.

Nabi kita shallallahu alaihi wa sallam biasa berbuka puasa sebelum menunaikan shalat maghrib dan bukanlah menunggu hingga shalat maghrib selesai dikerjakan. Inilah contoh dan akhlaq dari suri tauladan kita shallallahu alaihi wa sallam. Sebagaimana Anas bin Malik radhiyallahu anhu berkata,

"Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam biasanya berbuka dengan rothb (kurma basah) sebelum menunaikan shalat. Jika tidak ada rothb, maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering). Dan jika tidak ada yang demikian beliau berbuka dengan seteguk air."

[baca lanjutan: Buka Puasa dengan Doa dari Hadis Daif]

Komentar

 
Embed Widget

x