Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 18 Desember 2017 | 14:13 WIB

Bentuk Siksaan bagi Pelaku Bunuh Diri

Oleh : - | Senin, 20 November 2017 | 12:00 WIB
Bentuk Siksaan bagi Pelaku Bunuh Diri
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

JANGAN bunuh diri, baik karena punya masalah berat maupun frustasi. Begitu pula tidak boleh bunuh diri yang mengatasnamakan agama karena bunuh diri jelas terlarang.

Lihatlah larangan bunuh diri dalam ayat ini. Allah subhanahu wa taala berfirman, "Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu. Dan barang siapa berbuat demikian dengan melanggar hak dan aniaya, maka Kami kelak akan memasukkannya ke dalam neraka. Yang demikian itu adalah mudah bagi Allah." (QS. An-Nisa: 29-30).

Siapa saja yang bunuh diri, maka di akhirat ia akan disiksa sesuai cara ia mati. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Barangsiapa yang membunuh dirinya sendiri dengan suatu cara yang ada di dunia, niscaya kelak pada hari kiamat Allah akan menyiksanya dengan cara seperti itu pula." (HR. Bukhari, no. 6047; Muslim, no. 110).

Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Barangsiapa yang membunuh dirinya sendiri dengan mencekik lehernya, maka ia akan mencekik lehernya pula di neraka. Barangsiapa yang bunuh diri dengan cara menusuk dirinya dengan benda tajam, maka di neraka dia akan menusuk dirinya pula dengan cara itu." (HR. Bukhari, no. 1365)

Lihatlah siksa yang pedih di atas. Itu menunjukkan bahwa yang dilakukan adalah dosa besar.

[baca lanjutan: Jihad lalu Bunuh Diri, Dia Penduduk Neraka]

Komentar

 
Embed Widget

x