Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 18 Desember 2017 | 14:14 WIB

Balasan Orang Sabar ialah Tak Terhingga

Oleh : - | Minggu, 19 November 2017 | 06:00 WIB
Balasan Orang Sabar ialah Tak Terhingga
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

BANYAK pelajaran dari para Nabi yang bisa kita gali. Di antaranya dari kisah Nabi Ayyub alaihis salam yang dikenal penyabar. Apalagi sifat utama yang diajarkan oleh beliau adalah kesabaran. Dan memang kita sebagai seorang muslim diperintahkan memiliki sifat sabar.

Mulai dari para Rasul ulul azmi diperintahkan bersabar, "Maka bersabarlah kamu seperti orang-orang yang mempunyai keteguhan hati dari rasul-rasul telah bersabar." (QS. Al-Ahqaf: 35)

Lihat juga ketika Nabi Yunus alaihis salam mendapatkan ujian juga diperintahkan bersabar, "Maka bersabarlah kamu (hai Muhammad) terhadap ketetapan Tuhanmu, dan janganlah kamu seperti orang yang berada dalam (perut) ikan ketika ia berdoa sedang ia dalam keadaan marah (kepada kaumnya)." (QS. Al-Qalam: 48)

Dan kita diperintahkan bersabar dan mengharap pertolongan Allah, "Bersabarlah (hai Muhammad) dan tiadalah kesabaranmu itu melainkan dengan pertolongan Allah." (QS. An-Nahl: 127)

Ingatlah akan pahala bagi orang yang bersabar, "Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas." (QS. Az-Zumar: 10).

Ibnu Juraij menyatakan, "Telah sampai padaku bahwa pahala amal mereka yang sabar tidaklah dihitung sama sekali, namun terus ditambah hingga tak terhingga." (Tafsir Al-Quran Al-Azhim, 6: 443)

As-Sudi mengatakan bahwa balasan orang yang sabar adalah tak terhingga. (Tafsir Al-Quran Al-Azhim, 6: 443)

[baca lanjutan: Kondisi Nabi Ayub sebelum Ditimpa Penyakit]

Komentar

 
Embed Widget

x