Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 November 2017 | 06:15 WIB

Jalan Keluar Masalah dan Jalan Masuk Keajaiban

Oleh : KH Ahmad Imam Mawardi | Kamis, 16 November 2017 | 00:11 WIB
Jalan Keluar Masalah dan Jalan Masuk Keajaiban
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

SEMUA kita berharap bisa keluar dari belitan berbagai masalah. Sayangnya, tidak semua kita menemukan jalan itu. Padahal, jalan keluar itu bisa saja datang tanpa dicari.

Ini yang disebut sebagai keajaiban, saat kita oleh Allah dijumpakan dengan keadaan yang menjadi pemutus kegelisahan. Masalah uang adalah masalah yang paling banyak menghiasi hidup kita. Lalu apa saja yang harus kita lakukan agar jalan keluar itu datang dan keajaiban itu hadir?

Ada sebuah buku yang menarik yang membahas hal ini, yaitu buku Marianne Williamson yang berjudul"The Law of Divine Compensation: On Work, Money, and Miracles" (Hukum Kompensasi Tuhan: Tentang Kerja, Uang dan Keajaiban). Buku ini bukan hanya judulnya yang menarik, namun isinya juga luar biasa. Dua hal utama yang disarankan: "tebarkan cinta dan berbuatlah untuk kebahagiaan orang lain."

Siapa saja yang dalam hidupnya penuh cinta, maka bunga dan bibit kebahagiaan akan datang dari sekitarnya. Kata penulis, cobalah tulis nama-nama orang yang kita benci, yang kepadanya kita dendam, dan berharap kehancuran baginya. Lalu, katakanlah: "Ya Allah, aku maafkan semuanya dan aku cintai semuanya serta aku berdoa untuk mereka, semoga mereka bahagia." Dalam waktu tak lama, keajaiban akan datang. Dunia akan terasa lebih ramah dan membahagiakan.

Hal lainnya adalah cobalah buat list orang yang membutuhkan perhatian dan bantuan. Datangi mereka dan bantulah mereka dengan penuh ketulusan, dengan batas kemampuan kita. Yakinlah, dalam waktu tak lama, apapun masalah kita akan diselesaikan Allah dengan cara Allah. Keajaiban.

Mungkin ada yang berkata bahwa yang menulis bukanlah ulama. Iya, penulis buku itu adalah seorang sarjana peneliti. Namun temuannya itu sungguh menjustifikasi kebenaran ayat al-Qur'an dan hadits Rasulullah. Akal sehat tak akan berseberangan dengan wahyu.

Laksanakan dan tunggulah waktu, masalah akan pergi dan keajaiban pun datang menghampiri. Salam, AIM. [*]

Komentar

 
Embed Widget

x