Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 24 November 2017 | 22:00 WIB

Saat Merasa Lemah

Oleh : KH Abdullah Gymnastiar | Jumat, 17 November 2017 | 01:11 WIB
Saat Merasa Lemah
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

ALHAMDULILLAH. Segala puji hanya milik Allah Swt. Semoga Allah Yang Maha Menatap, Maha Dekat, Maha Mendengar, menggolongkan kita menjadi orang-orang yang haqqul yaqin kepada-Nya. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda Nabi Muhammad Saw.

Allah Swt berfirman,"Dan (dia berkata): "Hai kaumku, mohonlah ampun kepada Tuhanmu lalu bertobatlah kepada-Nya, niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras atasmu, dan Dia akan menambahkan kekuatan kepada kekuatanmu, dan janganlah kamu berpaling dengan berbuat dosa."(QS. Hud [11] : 52)

Saudaraku, jikalau kita merasa lemah, baik lemah fisik bawaannya lemas, malas, atau lemah pikiran rasanya susah menghafal, sulit memahami pelajaran, lambat mencerna gagasan, atau lemah perasaan susah menghindar dari galau, cemas, sedih dan semacamnya, maka sikap terbaik adalah beristighfar memohon ampun kepada Allah Swt. Karena sudah menjadi janji Allah bahwa bagi siapa saja hamba-Nya yang beriman yang memohon ampun kepada-Nya, maka Allah akan melimpahkan kekuatan yangpowerfull kepadanya.

Inilah bahayanya dosa yang kita lakukan. Dosa yang kita perbuat dan belum kita taubati akan membebani kita tanpa kita sadari. Tiba-tiba kita jadi tidak punya semangat, tidak bergairah melakukan kebaikan, malas bergerak setiap kali mendengar kumandang adzan, rasanya kering saja ketika mendengar nasehat, hingga letih lemah untuk melakukan pekerjaan sehari-hari. Inilah indikasi dari kotornya hati oleh noda-noda dosa. Padahal hati adalah patokan bagi keseluruhan diri kita, kalau hati dalam kondisi baik maka seluruh bagian dari diri kita akan menjadi baik, begitupun sebaliknya.

Allah Swt berfirman, "Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Robb-mu dan bertaubat kepada-Nya. Niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus-menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan dan Dia akan memberikan kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kamu berpaling, maka Sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa siksa hari kiamat."(QS. Hud [11] : 3)

Jadi, tetap bahwa nikmat dari Allah Swt akan berlimpah bagi orang yang memohon ampunan dan benar-benar bertaubat kepada-Nya. Sedangkan kekuatan untuk menunaikan ketaatan, ibadah, melakukan kebaikan, berpikir dan bekerja merupakan nikmat yang sangat besar dari Allah Swt.

Oleh karena itu saudaraku, ketika kita merasakan diri kita lemah, tidak bersemangat, kurang termotivasi, marilah kita introspeksi diri, beristighfar dan bertaubat. Inilah jalan mendapatkan kekuatan untuk beribadah kepada Allah Swt.Insyaa Allah! [smstauhiid]

Komentar

 
Embed Widget

x