Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 November 2017 | 05:57 WIB

Mencari Makhluk Bernama Bahagia

Oleh : KH Ahmad Imam Mawardi | Minggu, 12 November 2017 | 00:06 WIB
Mencari Makhluk Bernama Bahagia
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

PENCARIAN bahagia itu tidak dimulai zaman modern ini. Sejak adanya manusia pertama, bahagia itu sudah dicari. Nabi Adam ketika diturunkan ke bumi sudah merindukan bahagia bak di surga yang baru ditinggalkannya.

Imam Ahmad Ibn Hanbal pernah ditanya jamaahnya kapan manusia itu bisa merasakan ketenangan hidup hakiki. Jawaban beliau: "Ketika langkah kaki pertama telah sampai di surga, saat itulah ketenangan yang sesungguhnya bermula."

Maknanya adalah bahwa bahagia hakiki itu memang adanya memang hanya di surga. Jangan kaget kalau dalam kehidupan ini kita masih bertemu dengan makhluk bernama masalah, musibah, dan gelisah. Itu menjadi tanda bahwa kita masih ada di dunia.

Ada yang ingin cepat-cepat merasakan kebahagiaan dan ketenangan sejati? Tak ada jalan lain kecuali harus segera melewati kematian dulu sebagai jembatan hidup di dunia dan akhirat. Ada yang ingin cepat-cepat mati? Walau tak ada yang menjawab atau ada yang menjawab, sepertinya kepala langsung geleng-geleng,alis mulai mengkerut, hati berdetak keras tanda tak mau.

Ya, saya doakan semoga sehat dan panjang umur semuanya. Namun, tak usah kaget jika sekali-kali dikagetkan dengan masalah. Itu adalah hal biasa. Sabar saja. Salam, AIM. [*]

Komentar

 
Embed Widget

x