Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 15 Desember 2017 | 19:23 WIB

Waspada! Jika Berharap Kebaikan dari Orang Lain

Oleh : - | Senin, 13 November 2017 | 08:00 WIB
Waspada! Jika Berharap Kebaikan dari Orang Lain
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

KADANG kita salah paham. Yang kita harap-harap adalah kebaikan dari orang lain, sampai-sampai hati pun bergantung padanya. Mestinya kita tahu bahwa seluruh kebaikan dan keberkahan asalnya dari Allah. Allah Taala berfirman,

"Katakanlah: "Wahai Tuhan yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu" (QS. Ali Imron: 26). Yang dimaksud ayat "di tangan Allah-lah segala kebaikan" adalah segala kebaikan tersebut atas kuasa Allah. Tiada seorang pun yang dapat mendatangkannya kecuali atas kuasa-Nya. Karena Allah-lah yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. Demikian penjelasan dari Ath Thobari rahimahullah.

Dalam sebuah doa iftiftah yang diajarkan oleh Nabi shallallahu alaihi wa sallam disebutkan, "Seluruh kebaikan di tangan-Mu." (HR. Muslim no. 771).

Begitu juga dalam beberapa ayat lainnya disebutkan bahwa nikmat (yang merupakan bagian dari kebaikan) itu juga berasal dari Allah. Dan nikmat ini sungguh teramat banyak, sangat mustahil seseorang menghitungnya. Allah Taala berfirman,

"Dan apa saja nikmat yang ada pada kamu, Maka dari Allah-lah (datangnya)" (QS. An Nahl: 53).
"Sesungguhnya karunia itu di tangan Allah" (QS. Ali Imron: 73).
"Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, tidaklah kamu dapat menghitungnya" (QS. Ibrahim: 34 dan An Nahl: 18).

Kita telah mengetahui bahwa setiap kebaikan dan nikmat, itu berasal dari Allah. Inilah yang disebut dengan barokah. Maka ini menunjukkan bahwa seluruh barokah, berkah atau keberkahan berasal dari Allah semata.

[baca lanjutan: Berbagai Keberkahan yang Halal]

Komentar

 
Embed Widget

x