Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 18 Desember 2017 | 14:00 WIB

Sahkah Berwudu tidak Menghadap Kiblat?

Oleh : - | Sabtu, 11 November 2017 | 07:00 WIB
Sahkah Berwudu tidak Menghadap Kiblat?
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

IBADAH yang mengharuskan seseorang melakukannya sambil menghadap kiblat hanyalah ibadah salat wajib yang lima waktu. Salat sunah sendiri tidak terlalu disyaratkan untuk menghadap kiblat. Sebab dahulu Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah beberapa kali salat sunah di atas kendaraannya dan beliau menghadap ke mana saja untanya berjalan.

Sedangkan beberapa ibadah di luar itu hanya disunahkan untuk menghadap kiblat. Misalnya saat kita berdoa, disunahkan untuk menghadap kiblat. Demikian juga saat sujud tilawah atau sujud syukur menurut sebagian ulama.

Kalau disebut bahwa hukumnya sunah, maka apabila seseorang tidak menghadap kiblat saat melakukan ibadah itu maka hukumnya tetap sah. Demikian juga dengan wudu, tidak pernah disyaratkan untuk menghadap kiblat. Sebagian ulama ada yang menyunnahkan, tetapi tidak ada ketentuan tidak sah bila tidak menghadap kiblat.

Walhasil, silahkan saja berwudu dengan menghadap ke mana saja. Namun ketika berdoa setelah wudu, ada yang mengatakan disunahkan untuk menghadap kiblat, sebagaimana umumnya sunah dalam berdoa.

[baca juga: Apakah Losion/Parfum Beralkohol Membatalkan Wudu?]

Komentar

 
Embed Widget

x