Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 November 2017 | 06:17 WIB

Selain Tasbih, Ini Berbagai Versi Doa Saat Sujud

Oleh : - | Rabu, 8 November 2017 | 06:00 WIB
Selain Tasbih, Ini Berbagai Versi Doa Saat Sujud
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

SELAIN bertasbih, ketika sujud juga disunnahkan untuk berdoa dan memperbanyaknya. Dasarnya adalah hadits shahih berikut ini: "Jarak yang paling dekat antara seorang hamba dengan Tuhannya ketika dia sedang sujud, maka perbanyaklah doa." (HR Muslim). Diantara hadits-hadits yang sampai kepada kita tentang bacaan doa tatkala sujud adalah lafadz-lafadz sunnah berikut ini:

a. Doa Versi Pertama

Di dalam kitab Shahih Bukhari disebutkan lafadz sujud yang disamakan dengan lafadz ruku', yaitu: Nabi shallallahu 'alaihi wasallam pada saat rukuk dan sujud membaca: Maha Suci Engkau Ya Allah, segala pujian untuk-Mu, ampunilah Aku. (HR. Bukhari)

b. Doa Versi Kedua

Selain itu juga ada doa lainnya seperti berikut ini: "Ya Allah, ampunilah diriku dari dosaku semuanya, yang detail atau yang besar, yang awal dan yang akhir, yang terlihat ataupun yang tidak terlihat. Ya Allah, aku berlindung dengan keridhaan-Mu dari murka-Mu, dengan maaf-Mu dari hukuman-Mu dan Aku berlindung dengan-Mu dari-Mu. Tidak terhitung pujian bagi-Mu Engkau sebagaimana pujian-Mu atas diri-Mu." (HR. Muslim)

c. Doa Versi Ketiga

Doa versi lainnya diriwayatkan dari Ali Ridha sebagai berikut: Dari Abi Said radhiyallahuanhu berkata bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Wahai Muaz, bila kamu meletakkan wajahmu dalam sujud, katakanlah: Ya Allah, tolonglah aku untuk bersyukur dan beribadah dengan baik kepada-Mu."

Kalimat yang paling disukai Allah adalah ketika seorang hamba berdoa sambil sujud, "Ya Allah, sungguh Aku telah zalim pada diriku maka ampunilah Aku." Kedua hadits ini diriwayatkan oleh Said bin Manshur dalam kitab Sunannya. Dan kesemua doa di atas dilafalkan dalam bahasa Arab, bukan bahasa Indonesia karena salat itu tidak boleh menggunakan bahasa selain Arab.

[baca lanjutan: Larangan Membaca Alquran Saat Sujud]

Komentar

 
Embed Widget

x