Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 16 Desember 2017 | 16:05 WIB

Goncangan Bumi dan Orang di Atasnya

Oleh : KH Ahmad Imam Mawardi | Senin, 6 November 2017 | 00:04 WIB
Goncangan Bumi dan Orang di Atasnya
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

DALAM al-Qur'an ada sebuah surat bernama surat al-Zalzalah (goncangan) yang berbicara tentang hebatnya goncangan di hari kiamat. Lihat saja di ayat pertama, kesan itu sangat terasa.

Allah SWT berfirman: "izaa zulzilatil-ardhu zilzaalahaa, Apabila bumi diguncangkan dengan guncangan yang dahsyat," (QS. Az-Zalzalah 99: Ayat 1)

Saya tak akan berbicara tentang kiamatnya, saya akan bicara tentang goncangan itu sendiri dengan sudut pandang yang lain. Yang menggoncangkan adalah Allah dan yang digoncangkan adalah bumi. Kalau Allah itu kuasa menggoncangkan bumi dengan mudah maka sungguh lebih mudah lagi Allah menggoncangkan apa-apa yang ada di atas bumi, termasuk kehidupan kita. Hidup kita tidaklah pernah aman dari goncangan jika kita tak mau taat kepada Allah.

Jika saat ini hidup kita terguncang dengan satu atau seribu satu peristiwa, siapakah kira-kira yang mampu menghentikan goncangan itu dan menggantikannya dengan ketenangan, kedamaian dan keseimbangan? Jawabannya tiada lain kecuali: "ALLAH"

Bukan maksud saya meniadakan peran akal dan manajemen kehidupan melainkan ingin menasehati bahwa akal pikiran dan manajemen itu haruslah tunduk pada sunnatullah yang pasti berjalan. Bukan niatan saya untuk menghilangkan peran orang lain dalam menenangkan masalah kita, melainkan saran saya agar mencari orang-orangnya Allah, orang-orang yang dekat kepada Allah untuk memberikan pertimbangan hidup.

Jangan konsultasi pada sembarang orang, kepala kita akan semakin dibuatnya pusing. Jangan membaca semua tulisan, pikiran kita akan semakin bingung. Catat dan perhatikan ke mana orang, tulisan dan pendapat itu bermuara. Jika kepada Allah, ambillah. Semoga goncangan kehidupan bergantikan kedamaian dan ketenangan. Salam, AIM

Komentar

 
Embed Widget

x