Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 24 November 2017 | 21:57 WIB

Makruh: Wudu Sambil Berbicara

Oleh : - | Senin, 6 November 2017 | 12:00 WIB
Makruh: Wudu Sambil Berbicara
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

DI antara perbuatan yang hukumnya makruh atau kurang disukai ketika melakukan wudhu' antara lain:

1. Wudhu Sambil Berbicara

Para ulama memakruhkan wudhu' bila dilakukan sambil berbicara, kecuali bila memang ada keperluan yang penting dan mendesak. Mazhab Al-Hanafiyah dan Asy-Syafi'iyah menyebutkan bahwa termasuk mustahab adalah meninggalkan percakapan ketika sedang berwudhu'. Dan mazhab Al-Malikiyah dan Al-Hanabilah tegas menyebutkan bahwa makruh hukumnya bila bercakap-cakap sambil berwudhu'.

Para ulama berbeda pendapat bila dalam kasus memberi salam atau menjawabnya, yang dilakukan ketika seseorang sedang berwudhu'. Sebagian ulama berpendapat bahwa bercakap-cakap berbeda dengan memberi atau menjawab salam. Orang yang sedang berwudhu tetap disunnahkan untuk memberi atau menjawab salam. Dasarnya adalah praktek yang dilakukan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam:

Bahwa Ummu Hani' radhiyallahuanha memberi salam kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam yang sedang mandi. Beliau bertanya,"Siapakah Anda?". Aku (Ummu Hani') menjawab,"Saya Ummu Hani' bintu Abi Thalib". Beliau menjawab, "Selamat datang wahai Ummu Hani'. (HR. Bukhari dan Muslim)

Namun ada juga pendapat yang tetap memakruhkan orang yang sedang berwudhu' untuk memberi salam atau menjawabnya. Di antara yang berpendapat demikian adalah Abu Al-Faraj dari kalangan ulama mazhab Al-Hanabilah.

[baca lanjutan: Makruh: Membasuh Kepala Tiga Kali]

Komentar

 
Embed Widget

x