Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 November 2017 | 06:07 WIB

Perjumpaan

Oleh : KH Abdullah Gymnastiar | Kamis, 2 November 2017 | 01:11 WIB
Perjumpaan
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

ALHAMDULILLAH. Segala puji hanya milik Allah Swt. Tiada yang bisa menandingi kekuasaan-Nya. Hanya Allah Yang Maha Menciptakan, Maha Menghidupkan dan Maha Mematikan. Hanya kepada Allah kita menyembah dan memohon keselamatan. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda Nabi Muhammad Saw.

Saudaraku, setiap hari kita berjumpa dengan orang lain. Ada yang bersikap baik, ada juga yang bersikap kurang baik. Ada yang bertutur kata dengan baik, ada juga yang kurang baik. Sebelum kita sibuk dengan menilai seseorang yang berjumpa dengan kita, ada hal lain yang juga penting untuk kita renungkan. Yaitu bahwa perjumpaan itu sendiri adalah nikmat dari Allah Swt yang luar biasa. Dan, setiap nikmat harus kita syukuri.

Berjumpa dengan orang yang akhlaknya baik, maka itu adalah nikmat dari Allah. Karena lewat perjumpaan tersebut kita bisa introspeksi diri sudahkah diri kita pun berakhlak baik? Ada orang yang berbuat baik kepada kita, membantu dan memudahkan urusan kita, maka kita bisa memeriksa diri sudahkan kita pun berbuat dan membantu meringankan urusan orang lain?!

Demikian halnya manakala berjumpa dengan orang yang belum berakhlak baik, ini juga nikmat dari Allah. Karena lewat perjumpaan tersebut kita bisa introspeksi diri sudahkah akhlak kita pun terpelihara dari keburukan. Sudahkah orang lain selamat dari keburuan lisan dan perbuatan kita.

Setiap kejadian yang kita alami adalah terjadi karena izin Allah. Dan, tidak ada perbuatan Allah yang sia-sia. Sebagaimana perjumpaan di atas. Allah Swt berfirman,"..Ya Tuhan Kami, Tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah Kami dari siksa neraka."(QS. Ali Imron [3] : 191)

Pada setiap hari yang kita jalani, banyak tanda-tanda kekuasaan Allah yang jika kita renungi bisa menjadi bahan tafakur bagi kita sehingga kita bisa terus-menerus memperbaiki diri. Semoga kita termasuk hamba-hamba Allah yang terampil memetik hikmah dari setiap kejadian.Aamiin yaa Robbal aalamiin. [smstauhiid]

Komentar

 
Embed Widget

x