Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 November 2017 | 06:08 WIB

Pertanyaan yang Butuh Jawaban

Oleh : KH Ahmad Imam Mawardi | Jumat, 3 November 2017 | 00:03 WIB
Pertanyaan yang Butuh Jawaban
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

SATU pertanyaan penting yang harus dijawab: "Kalau orang tua tinggal berbeda tempat dengan anak dengan jarak geografi yang cukup jauh, lalu orang tua yang sudah sepuh itu sakit, siapakah yang wajib mengunjungi? Anak mengunjungi orang tuanya apa orang tua yang mengunjungi anak? Ya, saya tahu bahwa jawaban kita sepertinya sama, yakni anak lah yang harus mengunjungi orang tuanya.

Bagaimanakah pandangan Anda jika si anak meminta agar orang tuanya yang datang kepada anaknya dengan alasan anaknya sibuk dengan urusan pemerintahan atau urusan kemasyarakatan? Sepertinya kita juga akan setuju untuk mengatakan bahwa anak seperti ini tidaklah sopan, alias tidak beradab.

Sekarang mari kita buka al-Qur'an Surat Yusuf ayat 93, tentang apa yang dilakukan oleh Nabi Yusuf ketika bertemu dengan saudaranya yang kemudian mengabarkan bahwa ayahnya buta karena terlalu banyak menangisi hilangnya Nabi Yusuf sekian lama:

Allah SWT berfirman: "Pergilah kamu dengan membawa bajuku ini, lalu usapkan ke wajah ayahku, nanti dia akan melihat kembali; dan bawalah seluruh keluargamu kepadaku." (QS. Yusuf 12: Ayat 93)

Mengapa kok bukan Nabi Yusuf yang mendatangi Nabi Ya'qub, ayahnya? Ada apa? Mengapa? Tidak beradabkah Nabi Yusuf? Ada yang bisa memberikan jawaban? Semoga saya dikaruniai ilmu untuk mengetahui jawabannya. Salam, AIM. [*]

Komentar

 
Embed Widget

x