Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 15 Desember 2017 | 19:22 WIB

Menjaga Identitas Muslim Kita

Oleh : - | Sabtu, 28 Oktober 2017 | 09:00 WIB
Menjaga Identitas Muslim Kita
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

SEBAGAI seorang muslim kita memiliki kewajiban untuk menjaga indentitas muslim kita. Bukan hanya menjaga indentitas pribadi sendiri, namun kita juga memiliki kewajiban untuk menjaga indentitas keturunan dan keluarga kita. Kita berkewajiban menjaga indentitas kemusliman keluarga jika kita telah menikah.

Jagalah keislaman istri kita, keislaman suami kita, dan keislaman anak-anak kita, sebagaimana firman Allah, "Wahai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu." (At-Tahrim: 6)

Allah berfirman, "Dan demikian (pula) Kami telah menjadikan kamu (umat Islam), umat yang adil dan pilihan agar kamu menjadi saksi atas (perbuatan) manusia dan agar Rasul (Muhammad) menjadi saksi atas (perbuatan)kamu." ( Al-Baqarah : 143)

Dimana pun kita berada tetaplah menjaga indentitas kita sebagai muslim. Biar kita mempunyai teman dari berbagai penjuru Negara dengan berbagai golongan agama lainnya. Tetaplah menjadi muslim sejati yang tidak akan menjual atau bahkan mengganti indentitas muslimnya walau nyawa menjadi taruhannya.

Kita dapat menjaga keturunan dan keluarga kita dengan melakukan beberapa cara, di antaranya dengan:

a. Beriman kepada Allah Azza wa Jalla, mencintai-Nya, mengagungkan-Nya, mengetahui Asm dan Sifat Allah.

b. Berpegang teguh dengan agama, mempelajarinya, lalu mendakwahkannya.

c. Menjauhi dan memperingatkan dari perbuatan syirik dan riya.

d. Memerangi orang-orang yang murtad.

e. Mengingatkan dari perbuatan bidah dan melawan ahlul bidah.[Maqshidusy-Syarah Inda Ibni Taimiyyah, hlm. 448-458] [Chairunnisa Dhiee]

Komentar

 
Embed Widget

x