Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 November 2017 | 06:11 WIB

Kita Butuh Petunjuk Allah

Oleh : KH Abdullah Gymnastiar | Sabtu, 21 Oktober 2017 | 01:07 WIB
Kita Butuh Petunjuk Allah
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

SEGALA puji hanya milik Allah Swt. Tak ada yang bisa melampaui kekuasaan-Nya, bahkan mendekati dan menyamai saja tidak ada. Segala pujian hanya kembali kepada Allah Swt, Tuhan semesta alam. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada baginda Nabi Muhammad Saw.

Saudaraku, kita sangat membutuhkan petunjuk atau hidayah Allah Swt. Baik untuk urusan yang besar maupun urusan yang kecil. Kita perlu petunjuk Allah, untuk yakin kepada janji Allah. Kita pun perlu petunjuk Allah, tentang bagaimana menjemput rezeki-Nya dengan cara yang halal, dengan cara yang Allah ridhoi.

Demikian juga kalau kita sudah mendapatkan rezeki, maka kita perlu petunjuk Allah supaya kita bisa membelanjakan rezeki itu di jalan yang Allah ridhoi. Kalau kita hendak bersedekah, maka kita perlu petunjuk Allah supaya niat kita ikhlas hanya mengharap penilaian Allah semata. Kita memerlukan petunjuk Allah dalam segala hal.

Allah Swt berfirman,"Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholeh dan nasehat-menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran."(QS. Al Ashr [103] : 1-3)

Dari ayat ini kita bisa mengetahui dengan daya pemahaman kita yang lemah dan terbatas, bahwa Allah Swt menghendaki kita untuk ber-tawasau bil haq wa tawasau bish shobr,saling nasehat-menasehati dalam kebenaran dan kesabaran, karena inilah salah satu jalan datangnya petunjuk Allah Swt.

Saudaraku, ada orang yang sedang tersesat saja Allah bisa memberikan petunjuk kepadanya sehingga ia bisa menemukan jalan. Maka, apalagi bagi orang yang benar-benar meminta petunjuk kepada-Nya.

Hanya saja kita seringkali tidak peka terhadap petunjuk Allah. Kita inginnya petunjuk Allah itu sesuai saja dengan keinginan atau hawa nafsu kita. Kita inginnya petunjuk Allah itu berbentuk kejadian atau situasi yang enak-enak saja, yang nyaman-nyaman saja.

Padahal Allah Swt adalah pencipta dan pemilik kita. Allah Maha Mengetahui bagaimana keadaan kita, kekuatan dan kelemahan kita, sehingga tentu saja Allah yang lebih mengetahui petunjuk seperti apa yang lebih tepat untuk kita sehingga kita bisa tetap berada di jalan-Nya.

Petunjuk Allah itu banyak bentuknya, dan tidak selalu harus cocok dengan keinginan kita. Kadang petunjuk Allah memang datang dengan bentuk yang nyaman dan menyenangkan. Namun, kadang pula Allah memberi petunjuk kepada kita berupa kepahitan dan kesulitan. Dalam kedua kondisi ini kita perlu melatih diri untuk peka dan bersegera menangkap maksud Allah Swt di balik setiap peristiwa.

Saudaraku, kita meminta petunjuk Allah Swt namun tidak usah mengatur Allah tentang bagaimana petunjuk itu datang kepada kita. Karena Allah Maha Mengetahui apa yang terbaik untuk kita. Bisa saja petunjuk Allah itu datang lewat majelis talim yang kita hadiri. Atau bisa saja petunjuk Allah itu datang lewat sebuah kejadian yang kurang mengenakan sehingga membuat kita introspeksi diri dan bertaubat.

Yang pasti setiap kejadian yang Allah takdirkan terjadi maka pastilah mengandung kebaikan bagi kita. Maka dari itu, marilah kita senantiasa pinta kepada Allah agar Allah selalu melimpahkan petunjuk-Nya kepada kita dan kita pun diberikan kepekaan untuk segera mengambil hikmah dari setiap kejadian. Sehingga apapun kejadian yang menimpa kita, selalu bisa menjadi jalan untuk kita bisa semakin mengenal dan dekat dengan Allah Swt.WAllahualam bishowab.[smstauhiid]

Komentar

 
Embed Widget

x