Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 November 2017 | 06:10 WIB

Surga, Kedudukan Orang Non Muslim di Akhirat?

Oleh : - | Selasa, 17 Oktober 2017 | 06:00 WIB
Surga, Kedudukan Orang Non Muslim di Akhirat?
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

ADA beberapa versi pendapat tentang jawaban atas pertanyaan tersebut. Sebagian ulama mengatakan bahwa mereka masuk neraka. Sebagian lagi mengatakan mereka masuk surga. Dan sebagian lagi menyerahkan jawabannya kepada Allah.

2. Masuk Surga

Pendapat ini mengatakan bahwa mereka masuk surga. Sebab tidak mungkin bagi Allah Ta'ala untuk menyiksa mereka. Dan karena mereka mustahil disiksa di neraka, maka tempat mereka bukan di neraka. Berarti tempat mereka di surga. Karena tidak ada tempat selain surga dan neraka. Ketidakmungkinan Allah Ta'ala menyiksa mereka juga sangat kuat, yaitu ayat Alquran Al-Karim. "Tidak lah kami mengazab (suatu kaum) kecuali kami mengutus rasul kepada mereka." (QS. Al-Isra': 15)

Di antara ulama kontemporer yang berpendapat seperti ini adalah Syeikh Mustafa Az-Zarqa'. Namun beliau membedakan kedudukan tiap kasus. Menurut beliau, ada di antara mereka yang sebenarnya tidak tertutup rapat dari informasi tentang Islam. Mereka ini tetap wajib untuk mencari info itu. Kalau mereka diam saja, tentu mereka berdosa.

Namun boleh jadi mereka terzalimi oleh berbagai propaganda dari musuh Islam. Misalnya dari pemuka masyarakat mereka atau dari media-media yang memusuhi Islam, sehingga mereka kenal Islam namun dalam frame yang salah. Jadi mereka tidak masuk Islam. Dalam kasus ini, ada kewajiban bagi umat Islam untuk menepis dan mengoreksi propanganda negatif tentang Islam. Agar jangan sampai ada kasus suatu masyarakat tidak mau masuk Islam karena tidak mendapat informasi yang benar tentang Islam.

Dalam pandangan beliau, istilah kafir itu lebih tepat disematkan kepada orang yang sudah didakwahi dan dipresentasikan tentang Islam secara jelas, namun tetap tidak mau menerima. Sedangkan orang yang sama sekali tidak mendapatkan informasi apapun tentang Islam, sulit untuk dikatakan sebagai kafir.

[baca lanjutan: Tawaqquf, Kedudukan Orang Non Muslim di Akhirat?]

Komentar

 
Embed Widget

x