Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 22 Oktober 2017 | 22:21 WIB

Membangun Keluarga Islami

Oleh : - | Jumat, 13 Oktober 2017 | 10:00 WIB
Membangun Keluarga Islami
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

KESALEHAN suami istri dalam membangun keluarga Islami, keluarga yang sakinah mawaddah wa rohmah harus sama. Sehingga visi dan misi yang dimiliki sama-sama bertujuan untuk membangun keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

Suami sebagai imam dalam keluarga memiliki tanggung jawab yang besar di dunia dan akhirat. Kebahagiaan keluarga banyak ditentukan oleh peran kepemimpinan suami. Karena itu suami harus menjadi imam yang saleh.

Demikian juga istri yang menjadi sumber kebahagiaan suami dan menjadi sekolah bagi anak-anaknya. Keceriaan suami dan keberhasilan pendidikan anak-anak sangat bergantung pada peran ibu. Karena itu sebagai istri dan sekaligus sebagai ibu haruslah saleh.

Allah telah menyebutkan karakteristik yang sama bagi suami saleh dan istri yang saleh di dalam Surat 33, QS Al Ahzab ayat 35,

"Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatan, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang shaum, laki-laki dan perempuan yang menjaga kehormatannya , laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut nama Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar".

Sebab turunnya ayat ini adalah suatu hari Ummu Salamah berkata kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam: mengapa kami secara eksplisit tidak disebut dalam Alquran sebagaimana kaum laki-laki? Beliau tidak memperhatikan pertanyaan itu sampai suatu hari beliau memanggil di atas mimbar dan bersabda:

"Wahai manusia sesungguhnya Allah berfirman: 'Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim,....' sampai akhir ayat". (HR Ahmad)

Dengan turunnya ayat ini maka Allah telah mengarahkan suami istri agar memiliki karakter yang sama dalam berkeluarga yaitu karakter orang yang shaleh agar bisa sukses membentuk keluarga yang Islami yang sakinah mawaddah wa rohmah.

Karakter yang harus dimiliki oleh suami shaleh dan istri shalihat yang sudah disebut dalam surat 33 Al Ahzab ayat 35 itu saling terkait sehingga bisa menjadi pribadi yang shaleh dan Islami yaitu Islam, iman, tunduk, benar (jujur), sabar, khusyuk, bersedekah, berpuasa, menjaga kehormatan, dan banyak berzikir kepada Allah.

Karakteristik Islam yang disebut dalam ayat itu adalah masuk ke dalam agama Islam disertai tunduk patuh dan mengamalkan syariatnya dalam kehidupan sehari- hari. Sebagaimana Rasulullah bersabda saat ditanya tentang Islam:

"Islam adalah hendaknya kamu bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah, nabi Muhammad adalah Rasul Allah, menegakkan shalat, mengeluarkan zakat, shaum di bulan Ramadhan, dan pergi haji ke Baitullah bagi yang mampu." (HR Muslim)

Karakteristik selanjutnya adalah iman, Rasulullah bersabda saat ditanya tentang iman, yaitu:

"Hendaknya kamu beriman kepada Allah, para malaikat, kitab- kitab, para Rasul-Nya, hari akhir dan takdir yang baik dan yang buruk." (HR. Muslim)

Wallahu a'lam. [DR. Hj. Aan Rohanah, Lc, M.Ag/iman-islam]

Komentar

 
Embed Widget

x