Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 18 Oktober 2017 | 16:11 WIB

Contoh Hadis Sahih yang Boleh Ditinggalkan

Tak Makan Sebelum Salat Idul Fitri, Berdosakah?

Oleh : - | Minggu, 8 Oktober 2017 | 12:00 WIB
Tak Makan Sebelum Salat Idul Fitri, Berdosakah?
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

ADA sebagian dari hadits shahih yang memang wajib dijalankan dan berdosa bila ditinggalkan. Tetapi ketentuan itu tidak berlaku pada semua hadits shahih. Mengapa demikian? Sebab kita juga menemukan banyak sekali hadits shahih yang ternyata hukumnya tidak wajib untuk dikerjakan, tetapi hanya sebatas sunnah atau mubah saja, tidak sampai menjadi kewajiban. Maka meninggalkannya tidak lantas membuat kita berdosa.

Bahkan beberapa hadits shahih itu ada yang hukumnya justru makruh kalau dikerjakan, hingga sampai batas diharamkan. Alih-alih berdosa, justru hukumnya wajib ditinggalkan. Kita menemukan banyak sekali hadits shahih yang mana secara hukum boleh kita tinggalkan dan tidak mengapa bila kita tidak mengerjakannya. Dan kita tidak berdosa bila meninggalkannya.

Hadis Sahih disebutkan dalam Shahih Bukhari bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tidak keluar rumah untuk mengerjakan shalat Idul Fithr kecuali Beliau shallallahu 'alaihi wasallam memakan beberapa butir kurma.

Dari Anas bin Malik radliyallahuanhu berkata, "Rasulullah tidak berangkat pada Idul Fithri hingga beliau memakan beberapa kurma. (HR. Bukhari)

Lantas bolehkah kita berangkat shalat Idul Fithr tanpa makan kurma terlebih dahulu? Apakah kita jadi berdosa bila meninggalkannya? Dan apakah shalat yang kita lakukan menjadi tidak sah? Ternyata para ulama umumnya hanya sekedar menyunnahkan saja untuk makan sebelum shalat Idul Fithr, sama sekali tidak ada satu pun yang mewajibkannya. Padahal haditsnya shahih dimuat dalam kitab Shahih Bukhari.

Dan masih banyak lagi hadits-hadits shahih namun ternyata dari segi hukum tidak lantas menjadi kewajiban bagi kita untuk melaksanakannnya. Bila ditinggalkan pun juga tidak sampai membuat kita berdosa. [baca lanjutan: Hadis Sahih yang Wajib Ditinggalkan: Puasa Wishal]

Komentar

 
Embed Widget

x