Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 19 Desember 2017 | 01:37 WIB

Faedah Zikir Sebelum dan Sesudah Tidur

Oleh : - | Kamis, 5 Oktober 2017 | 18:00 WIB
Faedah Zikir Sebelum dan Sesudah Tidur
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

DISUNAHKAN berbaring pada sisi kanan. Manfaatnya sebagaimana disebutkan oleh Ibnul Qayyim, "Tidur berbaring pada sisi kanan dianjurkan dalam Islam agar seseorang tidak kesusahan untuk bangun shalat malam. Tidur pada sisi kanan lebih bermanfaat pada jantung. Sedangkan tidur pada sisi kiri berguna bagi badan (namun membuat seseorang semakin malas)" (Zaad Al-Maad, 1:321-322).

Membaca dzikir sebelum tidur: ALLOHUMMA ASLAMTU NAFSII ILAIK, WA WAJJAHTU WAJHII ILAIK, WA FAWWADH-TU AMRI ILAIK, WA ALJATU ZHAHRI ILAIK, ROGHBATAN WA ROHBATAN ILAIK. LAA MALJA-A WA LAA MANJAA MINKA ILLA ILAIK. AAMANTU BI KITAABIKALLADZI ANZALTA WA NABIYYIKALLADZI ARSALTA. Manfaat dari dzikir ini: Jika seseorang membaca dzikir di atas ketika hendak tidur lalu ia mati, maka ia mati di atas fithrah (mati di atas Islam). Bismika allahumma amuutu wa ahyaa. Artinya: "Dengan namaMu, ya Allah! Aku mati dan hidup." (HR. Bukhari, no. 6312 dan Muslim, no. 2711). Bisa juga dengan lafazh, "ALLAHUMMA BISMIKA AMUUTU WA AHYA".

Membaca dzikir setelah bangun tidur, "ALHAMDULILLAHILLADZI AHYANAA BADA MAA AMAATANAA WA ILAIHIN NUSYUUR." (HR. Bukhari, 11:113). Membaca dzikir sebelum dan sesudah tidur, agar tidurnya penuh berkah, tidak terdapat tirotun (kekurangan). Juga dzikir ini moga sebagai akhir perkataan setiap orang yang akan tidur.

Dzikir atau wirid yang dilakukan sebelum tidur sifatnya tawqifiyyah, mesti patuh pada dalil, tidak ada qiyas dalam hal ini. Maka wajib menjaga dzikir sebagaimana disebutkan dalam hadits. Karena Al-Bara bin Azib ketika keliru membaca dzikir sebelum tidur dengan kalimat "wa rosulikalladzi arsalta", Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mengatakan padanya, "Tidak seperti itu, namun yang benar dengan kalimat WA NABIYYIKALLADZI ARSALTA. [Muhammad Abduh Tuasikal]

Komentar

 
Embed Widget

x