Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 19 Desember 2017 | 01:29 WIB

Pelajaran Kehidupan di Sekeliling Kita

Oleh : KH Ahmad Imam Mawardi | Jumat, 29 September 2017 | 00:11 WIB
Pelajaran Kehidupan di Sekeliling Kita
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

SUATU hari Lukman al-Hakim ditanya seseorang: "Dari manakah Tuan belajar bijak tentang hikmah kehidupan?" Kalau kita yang ditanya, jawabannya bisa ditebak, yakni dari guru-guru agung nan cerdas dengan mutiara kata yang mengalir bak intan permata. Namun jawaban Luan al-Hakim berbeda: "Aku mempelajarinya dari orang-orang bodoh yang berjumpa denganku. Kutinggalkan apa yang biasa dikatakan dan dilakukan mereka."

Sesungguhnya, di sekitar kita, di sekeliling kita terdapat sekian banyak pelajaran kehidupan. Dari siapapun kita harus bisa mengambil hikmah. Termasuk dari orang yang dalam kacamata syariat tidaklah benar.

Saya pernah bertemu orang bijak yang benar-benar bijak. Saya salut dan kagum. Saya tahu dia sedih, tapi dia tetap diam dan tersenyum seakan tak terjadi apa-apa. Ketika saya tanya kenapa tetap tersenyum dan tak menampakkan duka, dia menjawab:

"Tangisku tak akan mengubah takdir, sedih dan marahku tak akan membuat ketentuan Allah berubah. Saya belajar saja menjalani apa yang menjadi ketentuan Allah dengan keyakinan bahwa ini bukan takdir yang salah, pasti ada hikmah. Saya diam dan tersenyum karena saya tak ingin merusak kebahagiaan orang-orang di sekitarku."

Luar biasa kan? Mukmin dan muslim sejati adalah mereka yang memasrahkan segala sesuatunya kepada Allah dengan cara yang indah. Allah mengetahui segala niat kita. Semoga kita senantiasa menjadi insan yang bijak, yang bisa menikmati setiap tetes takdir. Salam, AIM. [*]

Komentar

 
Embed Widget

x