Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 19 Desember 2017 | 01:33 WIB

Semangat Solusi

Oleh : KH Abdullah Gymnastiar | Senin, 2 Oktober 2017 | 01:01 WIB
Semangat Solusi
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

ALHAMDULILLAH. Segala puji hanya milik Allah Swt. Tiada yang wajib disembah selain Allah. Hanya kepada Allah kita berlindung dan hanya kepada-Nya kita pasti akan kembali. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda Nabi Muhammad Saw.

Allah Swt. berfirman,"Dan (bagi) orang-orang yang menerima (mematuhi) seruan Tuhannya dan mendirikan shalat, sedang urusan mereka (diputuskan) dengan musyawarah antara mereka; dan mereka menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka."(QS. Asy Syuraa [42] : 38)

Dalam hidup bersosial, bahkan dalam lingkungan sosial yang kecil sekalipun, selalu saja ada masalah yang terjadi. Bisa karena faktor dari dalam maupun dari luar. Hal yang penting kita yakini bahwa masalah terjadi pasti atas izin Allah Swt. Dan, masalah hadir sebagai sarana bagi kita untuk beribadah kepada Allah. Oleh karena itu, janganlah fokus pada masalahnya, akan tetapi fokuslah pada jalan keluar atau solusinya.

Fokus pada masalah hanya akan membuat kita terjebak pada kesibukan membicarakan masalah tanpa solusi, bahkan bisa menjerumuskan kita pada kesibukan mencari-cari kambing hitam. Padahal hal itu tidak membuat masalah selesai. Pelajarilah masalah dengan hati yang jernih kemudian fokuslah dalam mencari jalan keluarnya. Dan, salah satu jalan menemukan solusi adalah dengan bermusyawarah.

Bermusyawarahlah karena ini adalah bagian dari ajaran Islam. Allah Swt menyukai hamba-hamba-Nya yang menempuh jalan musyawarah dalam menyelesaikan permasalahan mereka. Hindari sikap otoriter dan egois dalam mencari jalan keluar dari suatu masalah. Hargailah pikiran, pendapat dan upaya orang lain. Terlebih jika masalah yang kita hadapi adalah urusan bersama, bukan urusan pribadi.

Dalam ayat ini kita bisa membaca bahwa Allah menyandingkan musyawarah dengan ibadah-ibadah lain yaitu sholat, infaq. Kalimat pada bagian awal ayat ini juga lebih menegaskan bahwa musyawarah adalah jalan yang ditempuh oleh orang-orang yang taat kepada Allah.

Sungguh tinggi nilai musyawarah di hadapan Allah. Oleh karena itu, jika dalam hidup bermasyarakat kita mengabaikan musyawarah dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi, maka bisa disebut sebagai masyarakat yang belum sempurna keimanannya kepada Allah Swt.

Oleh karena itu, setiap kali kita bertemu dengan permasalahan, marilah kita selalu mengedepankan semangat menemukan solusinya. Semoga dengan begitu, sebesar apapun permasalahan yang kita hadapi, persaudaraan di antara kita sebagai orang-orang yang beriman kepada Allah, tetap terjaga.Aamiin yaa Robbal aalamiin. []

Komentar

 
Embed Widget

x