Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 19 Desember 2017 | 01:30 WIB

Membangun Istana Diri, Makmurkan Hati

Oleh : KH Ahmad Imam Mawardi | Kamis, 28 September 2017 | 00:14 WIB
Membangun Istana Diri, Makmurkan Hati
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

"ORANG-ORANG yang berbahagia itu rata-rata adalah karena mereka serius dan istiqamah membangun alam yang ada di dalam dirinya. Sementara orang-orang yang menderita itu rata-rata membangun alam yang ada di luar dirinya." Demikian ungkap para bijak yang tekun mengamati kebiasaan harian manusia.

Membangun alam di dalam dirinya yang dimaksud adalah memakmurkan hatinya dengan membersihkannya dari sifat tercela dan menghiasnya dengan sifat terpuji. Ketika hati telah bersih dan indah, maka kekerasanan hidup akan menjadi terwujud. Sebaliknya, saat hati kotor dan tak indah maka kebonanan hiduplah yang akan hadir menjelma.

Saya tak menyatakan bahwa alam luar tidak penting. Tetap bangunlah pula alam sekitar di luar diri, namun itu adalah prioritas berikutnya. Ada pemilik rumah mewah yang tak kerasan di rumahnya. Ada penduduk negeri yang indah yang tak menikmati keindahan negerinya sendiri. Ada pemilik mobil mewah yang tak menikmati kemewahan mobilnya itu. Tak usah mencari kambing hitam atas kebosanan hidup seperti ini. Yakinilah itu karena hati belum dimakmurkan dengan semestinya.

Ingin bahagia? Mari makmurkan hati. Langkah pertamanya apa? Kenali hati kita sendiri, pahami kelebihan dan kekurangannya. Konsultasikan pada pakar hati dan lakukanlah langkah-langkah menuju pembangunan hati itu. Pagi yang indah, salam bahagia. AIM. [*]

Komentar

 
Embed Widget

x