Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 15 Desember 2017 | 16:56 WIB

Allah Melaknat Istri tak Melayani Suami

Oleh : - | Senin, 25 September 2017 | 08:00 WIB
Allah Melaknat Istri tak Melayani Suami
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

Dari Abu Hurairah radhiallahu'anha: Rasulullah shalallaahu 'alaihi wa sallaam bersabda, "Jika istri meninggalkan tempat tidur suaminya pada malam hari (tidak mau melayani hasratnya), ia akan dilaknat oleh para malaikat hingga kembali." (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Sebagaimana disebutkan dalam Al-Fath Al-Bari, hadits ini menjelaskan beberapa hal sebagai berikut:

Pertama, tidak menunaikan kewajiban kepada suami, baik yang berkaitan dengan pelayanan maupun penjagaan harta, bisa mendatangkan murka Allah, kecuali jika suami memaafkannya.

Kedua, para malaikat akan mendoakan kejelekan bagi orang yang berbuat maksiat selama ia melakukannya. Mereka juga akan mendoakan kebaikan bagi orang yang taat selama ia melaksanakan ketaatan.

Ketiga, nasihat agar membantu suami dan mencari keridhaannya. Hal itu karena kemampuan laki-laki untuk menahan dorongan hasrat lebih rendah daripada perempuan.

Keempat, adanya godaan yang sangat besar bagi suami yang tidak menyalurkan kebutuhannya kepada istri. Karena itu, syariat mendorong istri untuk membantu suami dalam hal ini.

Kelima, pemenuhan syahwat bisa meneguhkan ketaatan kepada Allah dan bersabar dalam beribadah kepada-Nya. Karena itu, para malaikat akan melaknat orang yang membuat marah hamba-Nya dengan menghalangi penyaluran syahwatnya. [Badwi Mahmud Al-Syaikh]

Komentar

 
Embed Widget

x