Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 24 November 2017 | 21:56 WIB

Ayat Terakhir Sebelum Ruhnya Melayang

Oleh : - | Jumat, 15 September 2017 | 17:00 WIB
Ayat Terakhir Sebelum Ruhnya Melayang
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

ADA seorang yang shalih membiasakan diri membaca Alquran al-Karim sebanyak sepeuluh juz setiap hari. Pada suatu hari dia sedang membaca surat Yasin. Sehingga, ketika dia sampai pada ayat: "Sesungguhnya aku kalau begitu pasti berada dalam kesesatan yang nyata." (QS. Yasin: 24)

Maka, ruhnya melayang ke langit. Sahabat-sahabatnya yang ada di sekitarnya pun heran dan berkata, "Laki-laki ini adalah orang shalih, bagaimana mungkin hidupnya diakhiri dengan ayat ini: "Sesungguhnya aku kalau begitu pasti berada dalam kesesatan yang nyata." (QS. Yasin: 24)

Setelah dia dimakamkan, seseorang yang shalih lainnya memimpikannya di dalam tidur. Dia berkata kepadanya, "Wahai Fulan! Hidupmu diakhiri dengan ayat: "Sesungguhnya aku kalau begitu pasti berada dalam kesesatan yang nyata." (QS. Yasin: 24) Bagaimana kondisimu sekarang di sisi Allah Subhanahu wa Taala?" Lantas dia menjawab, "Ketika kalian telah menguburkanku dan meninggalkanku, datanglah dua malaikat. Keduanya bertanya kepadaku dengan mengatakan, Siapa Rabbmu? Lantas saya menyempurnakan bacaan surat tersebut. Saya pun menjawab:

"Sesungguhnya aku telah beriman kepada Tuhanmu; maka dengarkanlah (pengakuan keimanan) ku." (QS. Yasin: 25) Dikatakan: "Masuklah ke surga." Dia berkata: "Alangkah baiknya sekiranya kaumku mengetahui. Apa yang menyebabkan Tuhanku memberi ampun kepadaku dan menjadikan aku termasuk orang-orang yang dimuliakan". (QS. Yasin: 26-27)

[Sumber: Hiburan Orang-orang Shalih, 101 Kisah Segar, Nyata dan Penuh Hikmah/KisahMuslim]

Komentar

 
Embed Widget

x