Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 22 September 2017 | 16:46 WIB

Dzikir Amalan Dahsyat

Oleh : KH Abdullah Gymnastiar | Jumat, 8 September 2017 | 00:51 WIB
Dzikir Amalan Dahsyat
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

ALHAMDULILLAH. Puji dan syukur hanya milik Allah Swt. Semoga Allah senantiasa memberi petunjuk kepada kita sehingga kita menjadi hamba-hamba-Nya yang istiqomah dalam meraih husnul khotimah. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda Nabi Muhammad Saw.

Saudaraku, ada amalan yang dahsyat sekali dan tiada bandingannya. Rasulullah Saw bersabda,"Maukah aku beritahukan kepada kalian mengenai amalan kalian yang terbaik, dan yang paling suci di sisi Raja (Allah) kalian, paling tinggi derajatnya, serta lebih baik bagi kalian daripada menginfakkan emas dan perak, serta lebih baik bagi kalian daripada bertemu dengan musuh kemudian kalian memenggal leher mereka dan mereka memenggal leher kalian?" Mereka berkata, "Ya". Beliau berkata, "Berdzikir kepada Allah taala."Muadz bin Jabal r.a berkata,"Tidak ada sesuatu yang lebih dapat menyelamatkan dari adzab Allah daripada dzikir kepada Allah." (HR. Tirmidzi dan Ibn Majah)

Jadi, ada amalan yang hebat sekali yaitu dzikir. Kenapa amalan ini hebat? Karena setiap nabi dan rasul itu hadir di dunia untuk memperkenalkan Allah kepada seluruh manusia sehingga mereka beriman dan semakin kuat keimanannya. Penting bagi kita untuk mengenal Allah dan beriman kepada-Nya. Karena Allah-lah Pencipta kita dan kepada-Nya kita akan kembali.

Jika manusia tidak mengenal Allah, maka manusia akan lebih mengenal dunia dan menjadi hamba dunia. Yang disembah adalah uang, harta, pangkat, jabatan, popularitas, penilaian makhluk, bukan Allah Dzat Yang Maha Kuasa atas segalanya. Sebagai perumpamaan sederhana, bagi orang yang baru mengenal batu ali maka ia akan terkagum-kagum.

Namun, setelah ia mengenal nilai batu permata, maka batu ali baginya menjadi tiada berarti lagi. Demikian juga bagi orang yang mengenal dunia maka ia akan terkagum-kagum pada keindahannya. Namun, setelah ia mengenal Allah, maka dunia menjadi tiada artinya lagi selain hanya sebagai sarana untk beribadah kepada Allah Swt.

Demikianlah dzikir, mengingat Allah Swt., menjadi amalan yang bernilai tinggi karena efek yang ditimbulkannya demikian dahsyat dalam diri seseorang. Sungguh, mengenal Allah dan senantiasa ingat kepada-Nya adalah jauh lebih bernilai daripada dunia dan seisinya. Wallahualambishowab. [smstauhiid]

 
Embed Widget

x