Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 20 November 2017 | 18:21 WIB

Terlanjur Jimak dan Lupa Baca Doa, Apa Akibatnya?

Oleh : - | Rabu, 6 September 2017 | 05:00 WIB
Terlanjur Jimak dan Lupa Baca Doa, Apa Akibatnya?
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

MEMBACA doa sebelum berhubungan memiliki banyak sekali manfaat. Diantaranya,

Pertama, Sebagai tabir aurat manusia dari pandangan jin. Dalam hadis dari Abu Said al-Khudri radhiyallahu anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Tabir antara pandangan mata jin dengan aurat bani adam (manusia) adalah apabila seseorang melepas pakaiannya, dia membaca: bismillah. (HR. Ibnu Adi, at-Thabrani dalam Mujam al-Ausath al-Mathalib al-Aliyah, al-Hafidz Ibnu Hajar, no. 37).

Kedua, Anak hasil hubungan dilindungi oleh Allah. Dalam hadis dari Ibnu Abbas radhiallahu anhuma, bahwa Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Jika salah seorang dari kalian (suami) ketika ingin menggauli istrinya, dan dia membaca doa: "Dengan (menyebut) nama Allah, ya Allah jauhkanlah kami dari (gangguan) setan dan jauhkanlah setan dari rezki yang Engkau anugerahkan kepada kami." Jika Allah menakdirkan (lahirnya) anak dari hubungan tersebut, maka setan tidak akan bisa mencelakakan anak tersebut selamanya." (HR. Bukhari 141 dan Muslim 1434)

Bagaimana jika lupa? Jika lupa, tentu saja kesempatan untuk mendapatkan manfaat di atas menjadi hilang. Hanya saja, doa ini tidak wajib, dan tidak ada kaffarah jika ditinggalkan. Dan tidak ada anjuran untuk membacanya di tengah jimak atau setelah jimak. Dalam Fatwa Syabakah Islamiyah dinyatakan, "Doa ini anjuran dan tidak wajib. Karena itu, siapa yang meninggalkannya, meskipun sengaja, tidak berdosa." (Fatwa Syabakah Islamiyah, no. 146507)

[baca lanjutan: Lupa Baca Doa Jimak, Anak Jadi Durhaka?]

Komentar

 
Embed Widget

x