Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 18 Desember 2017 | 14:13 WIB

Kurban yang Awalnya Sunah Berubah Jadi Wajib

Oleh : - | Senin, 4 September 2017 | 14:30 WIB
Kurban yang Awalnya Sunah Berubah Jadi Wajib
(Foto: Inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)
facebook twitter

APABILA ada kejadian tertentu, menyembelih udhiyah ini bisa bergeser hukumnya menjadi wajib. Sehingga kalau tidak dikerjakan akan melahirkan dosa. Kapankah hal itu terjadi? Apa penyebab kewajibannya?

Pertama, apabila seseorang jatuh perkataan untuk bernadzar. Misalnya, kalau nanti lulus ujian maka dia akan menyembelih kambing kurban. Ternyata dia lulus, maka dia wajib melaksanakan nadzarnya itu. Kedua, seorang yang punya kambing menunjuk kambingnya itu dan mengatakan bahwa kambing ini diniatkan untuk disembelih sebagai udhiyah. Maka bila jatuh perkataan seperti itu, wajiblah atasnya untuk melaksanakan apa yang telah dikatakannya.

Sebagian ulama mengatakan bila hewan udhiyah sudah jatuh wajib, maka dagingnya tidak boleh lagi dimakan, tetapi harus seluruhnya disedekahkan kepada fakir miskin. Kecuali mazhab Al-Hanafiyah yang memandang tidak demikian. Bagi mazhab itu, kalau ada orang bernadzar maka yang berubah hanya hukumnya dari sunnah muakkadah menjadi wajib. Adapun hukum dagingnya tidak berubah, yang berkuban tetap boleh memakan dagingnya.

Wallahu a'lam bishshawab. [Ahmad Sarwat, Lc]

Komentar

 
Embed Widget

x