Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 18 Desember 2017 | 14:12 WIB

Pahala Non Muslim Berkurban untuk Mendiang Ibunya

Oleh : - | Senin, 4 September 2017 | 14:00 WIB
Pahala Non Muslim Berkurban untuk Mendiang Ibunya
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

IBADAH ritual yang dilakukan oleh seorang yang bukan muslim, tidak akan diterima Allah Ta'ala. Karena salah satu syarat sah ibadah ritual adalah keIslaman. Kira-kira sama dengan seorang yang salat tapi tidak berwudu. Sekhusyu' apapun salatnya, sepanjang apa pun ayat yang dibacanya, selama apa pun sujudnya, sehitam apa pun jidatnya karena sujud, tapi tanpa berwudu terlebih dahulu, maka salat itu tidak sah. Yah, apa boleh buat, memang begitu aturannya.

Maka seorang non muslim yang mengeluarkan uang untuk membeli seekor kambing, lalu disembelihkan kambing itu, dengan niat agar pahalanya disampaikan kepada orang tuanya, jelas tidak akan sampai pahalanya. Bagaimana mau sampai, lha wong ibadah ritualnya saja tidak sah?

Namun ada jalan keluar yang mungkin bisa diambil agar hewan yang disembelih itu bisa bernilai ibadah yang sah. Yaitu dengan cara memberikan terlebih dahulu hewan itu kepada seorang muslim. Boleh saja seorang muslim itu masih familinya atau sebenarnya juga sah bila dilakukan oleh siapa pun. Toh yang penting orang itu beragama Islam.

Setelah hewan diserahkan oleh anak yang bukan muslim itu kepada seorang yang beragama Islam, barulah dia meniatkan agar pahala sembelihan itu disampaikan kepada untuk almarhumah. Namun dengan syarat bahwa almarhumah itu pun juga beragama Islam. Sebab kalau dia kafir, tentu juga tidak akan ada artinya. Bagaimana mungkin sebuah ibadah ritual di dalam syariat Islam, dilakukan oleh non muslim dan diperuntukkan juga untuk non muslim?

Memang ada sedikit beda pendapat tentang hukum berqurban untuk orang yang sudah wafat. Wallahu a'lam bishshawab. [Ahmad Sarwat, Lc]

Komentar

 
Embed Widget

x