Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 18 Oktober 2017 | 16:03 WIB

Jangan Abaikan Panggilan Ibu

Oleh : - | Rabu, 30 Agustus 2017 | 13:00 WIB
Jangan Abaikan Panggilan Ibu
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

DI antara azab yang Allah turunkan kepada pelaku dosa ketika di dunia adalah bagi anak yang durhaka kepada kedua orangtua seperti disebutkan dalam sebuah hadis Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam.

Durhaka kepada kedua orangtua menyebabkan seseorang terkena musibah. Hal ini sebagaimana yang diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu dalam sebuah hadis, bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

"Dahulu ada seorang laki-laki ahli ibadah dari kalangan Bani Israil, yang bernama Juraij sedang melaksanakan salat, tiba-tiba ibunya datang memanggilnya, namun ia tidak menjawabnya.

Dia berkata pada dirinya, "Apakah saya menjawab panggilan ibu, atau meneruskan salat? "Kemudian ibunya menghampirinya dan berdoa, "Ya Allah, janganlah Engkau matikan dia, sampai ia melihat seorang pezina. "Juraij berada di tempat ibadahnya, kemudian lewatlah seorang wanita, lalu bergumam, "Sungguh saya akan menggoda Juraij."

Maka mulailah ia menghampiri Juraij, dan menawarkan dirinya mengajak untuk berzina. Namun, Juraij tidak tergoda sama sekali. Karena putus asa, wanita itu segera pergi dan mendatangi penggembala kambing. Ia menggoda dan mengajaknya berzina, sehingga terjadilah perbuatan zina di antara mereka.

Setelah itu, wanita tersebut hamil dan melahirkan seorang anak laki-laki. Lalu berkata kepada masyarakat, "Anak ini adalah dari (hasil hubungan saya dengan) Juraij."

Kemudian masyarakat datang dan menghancurkan tempat ibadah Juraij, menurunkannya dan mencelanya. Juraij berwudhu dan melaksanakan salat, lalu ia menghampiri bayi yang baru lahir itu dan bertanya, "Siapa bapakmu wahai anak?"

Tiba-tiba bayi itu menjawab, "Penggembala kambing. "Masyarakat berkata, "Kami akan membangun kembali tempat ibadahmu dengan emas."

Juraij berkata, "Tidak, bangunlah dengan menggunakan tanah liat." (HR. Al-Bukhari). Meskipun cerita ini tentang ahli ibadah dari kalangan Bani Israil, namun kita dapat mengambil hikmahnya bahwa hak orangtua kita, terutama ibu, sangat besar. [Abu Syafiq]

Komentar

 
Embed Widget

x