Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 19 Oktober 2017 | 10:26 WIB

Lima Kiat Tumbuhkan Cinta dan Sayang kepada Sesama

Oleh : - | Selasa, 29 Agustus 2017 | 13:00 WIB
Lima Kiat Tumbuhkan Cinta dan Sayang kepada Sesama
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

CINTA dan kasih sayang adalah hal utama dalam hidup. Allah SWT mencipta semesta karena kasih sayang-Nya. Rasulullah juga diutus sebagai rahmat Allah bagi semesta.

Nah, bagaimana agar cinta dan kasih sayang senantiasa tumbuh dan menjadi ciri kita sebagai umat Muhammad? Berikut lima kiat menumbuhkan rasa cinta dan kasih sayang di antara sesama:

1. Menikah

Allah SWT dalam Al Quran menyebutkan bahwa pernikahan adalah tanda kebesaran Allah sekaligus sunnah Rasulullah yang sangat dianjurkan. Sebab dengan adanya biduk rumah tangga, akan tercipta cinta di antara umat manusia dan mengalirnya kasih sayang di antara anak Adam.

"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir." QS. Ar Rum: 21.

2. Memupuk keimanan yang disertai amal shaleh.

Manusia yang meyakini Tuhan sebagai pencipta dirinya dan semesta, tidak akan merusak indahnya ciptaanNya. Pantang baginya melakukan perbuatan yang mengundang marah Tuhan. Sebaliknya, semakin tinggi keyakinan semakin kuat cinta dan kasih sayang antara dirinya dan Tuhan juga antara dirinya dengan sesama ciptaan Tuhannya, dengan kalimat lain rajin beramal shaleh. Inilah cinta sejati yang dihembuskan Tuhan di hati-hati pecintaNya.

"Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, kelak Allah Yang Maha Pemurah akan menanamkan dalam (hati) mereka rasa kasih sayang." QS. Maryam: 96.

3. Rajin membaca surat An Najm.

Rasulullah Saw bersabda:" Siapa saja yang rajin membaca surat An Najm siang dan malam, ia akan hidup terpuji di tengah masyarakat, dosanya diampuni dan orang-orang akan mencintainya."

4. Saling memberi hadiah

Rasulullah Saw bersabda:"Hendaklah kalian saling memberi hadiah satu sama lain, niscaya kalian akan saling mencintai. Hendaklah kalian saling memberi hadiah satu sama lain, karena hal itu bisa menghilangkan dendam di tengah kalian."

5. Menahan hawa nafsu dan senantiasa memperbaiki diri.

Sayyidina Ali berkata: "Akal adalah tabir penutup dan kemurahan hati adalah keindahan yang tampak. Oleh karena itu, tutuplah kekurangan perangaimu dengan keutamaanmu dan perangi hawa nafsumu dengan akalmu, niscaya kamu akan dicintai orang-orang di sekitarmu." []

Tags

Komentar

 
Embed Widget

x