Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 20 November 2017 | 18:34 WIB

Tujuh Kunci Strategis Menggapai Rahmat Allah

Oleh : - | Minggu, 20 Agustus 2017 | 15:00 WIB
Tujuh Kunci Strategis Menggapai Rahmat Allah
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

KITA semua tau bahwa rahmat Allah itu begitu luas dan mencakup segala sesuatu. Benda hidup ataupun mati, orang mukmin maupun kafir, semuanya berada dalam jangkauan rahmat-Nya.

"Dan rahmat-Ku meliputi segala sesuatu." (QS.Al-Araf:156)

Jika rahmat Allah terputus kurang dari sedetik saja, maka alam ini akan hancur dan binasa.

Kita dapat bergerak, berbicara dan beraktifitas, semuanya karena rahmat dan kasih sayang-Nya. Tanpa itu semua, mustahil kita mampu bernafas dan bertahan hidup.

Namun rahmat Allah pada setiap makhluk itu berbeda-beda. Ada rahmat yang bersifat umum untuk semua dan ada pula rahmat yang sifatnya khusus. Karena itulah kita akan temukan sifat-Nya yang Rahman dan Rahim pada pembuka dari Alquran.

Para ahli Tafsir menyebutkan bahwa sifat Ar-rahman artinya Maha Pengasih untuk seluruh ciptaan-Nya, sementara Ar-rahim adalah sifat Maha Pengayang yang khusus diperuntukkan untuk kaum mukmin saja.

Tentunya kita berharap mendapatkan kucuran rahmat Allah yang begitu berlimpah. Dan kali ini kita akan menengok posisi-posisi strategis untuk meraih rahmat dari-Nya.

1. Iman kepada Allah dan berpegang teguh kepada-Nya

"Adapun orang-orang yang beriman kepada Allah dan berpegang teguh kepada (agama)-Nya, maka Allah akan Memasukkan mereka ke dalam rahmat dan karunia dari-Nya (surga), dan Menunjukkan mereka jalan yang lurus kepada-Nya." (QS.An-Nisa:175)

2. Taat kepada Allah dan Rasul-Nya.

"Dan taatlah kepada Allah dan Rasul (Muhammad), agar kamu diberi rahmat." (QS.Ali Imrah:132)

3. Sabar ketika ditimpa musibah

"Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka berkata "Inn lillhi wa inn ilaihi rjin" Mereka itulah yang memperoleh ampunan dan rahmat dari Tuhan-nya." (QS.Al-Baqarah:155-157)

4. Berbuat Baik.

"Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang yang berbuat kebaikan." (QS.Al-Araf:56)

5. Memohon ampunan (istighfar) kepada Allah.

Dia (Shalih) berkata, "Mengapa kamu tidak memohon ampunan kepada Allah, agar kamu mendapat rahmat?" (QS.An-Naml:46)

6. Mendengarkan bacaan Alquran.

"Dan apabila dibacakan Alquran, maka dengarkanlah dan diamlah, agar kamu mendapat rahmat." (QS.Al-Araf:204)

7. Mendamaikan di antara kaum mukmin.

"Sesungguhnya orang-orang Mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu (yang berselisih) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat." (QS.Al-Hujurat:10)

Inilah 7 posisi strategis dari sekian banyak cara untuk meraih rahmat Allah swt. Semakin besar rahmat Allah yang turun maka solusi berbagai masalah dalam kehidupan akan semakin terbuka. Surga pun tak akan diraih oleh siapapun jika bukan karena rahmat-Nya? Apakah kita akan mengandalkan amal yang sedikit ini untuk dapat memasuki surga-Nya? Sungguh tidak ada yang kami andalkan selain rahmat dan kasih sayang-Mu, Ya Arhamar Rahimin.[]

Komentar

 
Embed Widget

x