Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 23 September 2017 | 14:36 WIB

Sambut HUT ke-72 RI

Mencintai Tanah Air Mewujudkan Negara Aman

Oleh : - | Kamis, 17 Agustus 2017 | 08:00 WIB
Mencintai Tanah Air Mewujudkan Negara Aman
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

BANGSA dan negara Indonesia tengah merayakan hari kemerdekaan yang ke-72 tahun. Perayaan ini di tengah sebagian rakyat Indonesia belum memperoleh kesejahterannya akibat terpuruknya ekonomi negara.

Meski begitu, rakyat tetap antusias merayakannya setiap HUT RI ini. Apakah ini sekadar euforia atau sebagai wujud kecintaan rakyat terhadap tanah air?

Cinta tanah air adalah suatu tindakan yang didasari atas rasa kasih sayang kepada tanah kelahiran atau tanah airnya. Perintah untuk memiliki rasa cinta tanah air biasanya ada di setiap peraturan pemerintah untuk menanamkan rasa nasionalisme kepada masyarakatnya.

Selain itu, Allah SWT dan Rasulullah SAW juga menganjurkan kepada semua manusia untuk mencintai tanah air. Hal ini tertuang dalam Alquran dan hadis Nabi Muhammad SAW. Semua perintah tersebut memiliki tujuan yang baik agar terbentuk kehidupan yang nyaman, aman, dan damai. Berikut ini merupakan dalil dan hadis yang berkenaan dengan anjuran untuk memiliki rasa cinta tanah air.

Anjuran cinta tanah air, dalam Alquran Allah berfirman di surat Saba ayat 15. Ayat tersebut memiliki arti "Dan Kami jadikan antara mereka dan antara negeri-negeri yang kami limpahkan berkat kepadanya, beberapa negeri yang berdekatan dan Kami tetapkan antara negeri-negeri itu (jarak-jarak) perjalanan. Berjalanlah kamu di kota-kota itu pada malam hari dan siang hari dengan aman".

Pada ayat itu dapat disimpulkan bahwa hendaknya kita menjaga dan mencintai tanah air agar kita dapat merasa aman baik pada malam maupun siang hari. Tanah air merupakan tempat kita tinggal, sehingga sudah sewajarnya kita menjaga agar kenikmatan alam di tanah air dapat terus dinikmati dan selalu memberi sumber penghidupan yang baik untuk semua yang ada di tanah air tersebut.

Sedangkan hadis tentang anjuran cinta tanah air, Nabi Muhammad SAW juga banyak memberikan anjuran kepada umatnya untuk selalu mencintai tanah airnya. Nabi selalu mencintai tanah air di mana beliau tinggal. Hingga pada suatu saat Rasulullah diusir dari Mekah oleh kaum kafir Quraisy. Ibnu Abbas meriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda "Sungguh aku diusir darimu (Mekah). Sungguh aku tahu bahwa engkau adalah negara yang paling dicintai dan dimuliakan oleh Allah. Andai pendudukmu (kafir Quraisy) tidak mengusirku darimu, maka aku takkan meninggalkanmu (Mekah)" ( Musnad al-Haris, oleh al-Hafidz al-Haitsami 1/460).

Hadis itu jelas menjelaskan bagaimana cintanya Nabi Muhammad SAW kepada tanah air dan beliau sangat menginginkan untuk tetap tinggal di mana beliau berasal. Semua hadis dan perilaku Nabi merupakan hal yang wajib kita contoh dan kita lakukan. Dengan adanya hadis itu, Nabi menganjurkan kepada kita agar selalu cinta tanah air di mana kita berada. Jika rasa cinta kepada tanah air kuat, maka kita akan merasa nyaman dan tenang. Selain itu kita juga akan terhindar dari berbagai macam tindakan buruk yang dapat merusak tanah air. Untuk itu, cintailah Tanah Air agar hidup kita bahagia. []

 
Embed Widget

x