Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 November 2017 | 11:48 WIB

Tunjukkan Apa yang Disetujui Semua Manusia?

Oleh : KH Ahmad Imam Mawardi | Rabu, 2 Agustus 2017 | 00:06 WIB
Tunjukkan Apa yang Disetujui Semua Manusia?
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

ADA saja warga negara Indonesia yang tidak setuju pada Pancasila yang sudah dinyatakan secara resmi sebagai dasar negara. Amandemen UUD 1945 pun menjadi perdebatan pro kontra sampai saat ini. Hal besar yang sangat logis dan gamblang pun tak bisa disetujui bersama. Bahkan, eksistensi Tuhanpun dipertanyakan dan tidak semuanya sependapat.

Haruskah kita marah kepada mereka yang tidak sepakat dengan kita? Marah itu tidak akan membuat orang lain setuju dan tidak menyelesaikan masalah. Haruskah kita memusuhi mereka yang tidak setuju dan berakrab ria dengan yang setuju saja?

Itu adalah sikap kekanak-kanakan yang juga tak akan membuat keadaan menjadi lebih baik. Sikap terbaik adalah menghormati perbedaan pendapat dan perbedaan sikap serta jalan hidup sepanjang ada dasar atau dalil yang dipegang.

Jumlah dalil begitu banyak. Sangat mungkin bahwa tidak ada orang yang mengetahui semua dalil. Lantas, dasar apa yang memantaskan kita untuk menyatakan bahwa yang berbeda dengan kita itu adalah salah? Kita sungguh harus banyak belajar dari para ulama dahulu yang tak pernah marah dan gelisah dengan perbedaan pendapat, bahkan tetap menghormati perbedaan itu dengan kata "barangkali ada kebenaran di situ."

Meski demikian, tetaplah tegas dan tegar dalam prinsip sendiri sepanjang sudah yakin bahwa Allah ridla dengan prinsip itu dan prinsip itu juga menjadi prinsip yang dijalani orang-orang pilihan Allah. Salam, AIM. [*]

Komentar

 
Embed Widget

x