Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 18 Oktober 2017 | 08:55 WIB

Awas! Jangan Remehkan Sesuatu yang Kecil

Oleh : - | Senin, 17 Juli 2017 | 15:00 WIB
Awas! Jangan Remehkan Sesuatu yang Kecil
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

BANYAK manusia yang cenderung meremehkan sesuatu yang terlihat kecil di matanya. Padahal dunia ini penuh dengan rahasia yang tak mampu kita ketahui hakikat aslinya.

Terkadang kita cenderung meremehkan orang lain dari penampilannya. Kita juga sering meremehkan amal baik karena terlihat tak ada artinya, bahkan maksiat pun seakan hal yang wajar saja. "Ah tenang saja, ini cuma dosa kecil."

Berbeda dengan pandangan Khalifah Ali bin Abi Thalib, yang disebut Nabi SAW sebagai pintu kota ilmu. Beliau memiliki pandangan yang jauh dan tak pernah meremehkan hal sekecil apapun. Beliau pernah berpesan, "Sesungguhnya Allah swt menyembunyikan empat hal dalam empat hal lainnya,

1. Dia Menyembunyikan Keridhoan-Nya dalam ketaatan kepada-Nya. Maka jangan pernah kau remehkan ketaatan sekecil apapun, karena bisa saja disitulah letak Keridhoan-Nya.

2. Dia Menyembunyikan Kemarahan-Nya dalam kemaksiatan kepada-Nya. Maka jangan pernah kau remehkan maksiat sekecil apapun, karena bisa saja disitulah letak Kemarahan-Nya.

3. Dia Menyembunyikan mana doa yang dikabulkan dalam doa-doa (seorang hamba). Maka jangan pernah kau remehkan doa apapun, karena bisa saja di situlah letak terkabulnya.

4. Dia Menyembunyikan wali-Nya di antara hamba-hamba-Nya. Maka jangan kau remehkan siapa pun, bisa saja dia adalah wali Allah swt."

Sadari bahwa pengetahuan kita begitu kecil dibanding rahasia Allah yang amat besar. Jangan pernah remehkan sesuatu apapun, karena mungkin dibaliknya ada kemuliaan yang besar. Semoga kita termasuk orang-orang yang berakal dan mampu mengambil pelajaran.

"Dan kamu menganggapnya remeh, padahal dalam pandangan Allah itu soal besar." (QS.An-Nur:15). []

Komentar

 
Embed Widget

x