Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 23 September 2017 | 10:57 WIB

Tiada yang Tak Berhikmah

Oleh : KH Ahmad Imam Mawardi | Kamis, 13 Juli 2017 | 00:40 WIB
Tiada yang Tak Berhikmah
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

TIADA ciptaan yang diciptakan tanpa guna. Tiada takdir yang ditetapkan tanpa tujuan. Kemahasempurnaan Allah terlihat dalam segalanya, mulai dari yang ada dan yang tiada, mulai dari yang kecil sampai yang besar, dan mulai dari yang menyakitkan sampai pada yang membahagiakan. Namun, tak akan memahami hal ini kecuali mereka yang memiliki keimanan yang kuat.

Iya. Tak ada yang tak berguna dan tak bertujuan. Tugas kita kini adalah mencari tahu apa gunanya kita dalam hidup dan apa tujuan kita hidup. Mengetahui jawabannya akan menjadikan kita sadar untuk berbuat dan berbuat demi kebaikan dan perbaikan. Pertanyaan berikutnya adalah apa rahasia dan tujuan di balik nikmat dan derita yang terjadi dalam kehidupan kita. Menjawabnya adalah akan menghindarkan kita dari sombong dan putus asa.

Iya. Semua ada guna dan ada tujuan. Orang yang ingatannya kuat selalu saja dipuji, sementara orang yang pelupa seringkali dihina. Jangan lupa bahwa lupa sesungguhnya juga memiliki hikmah yang luar biasa. Tidak semua lupa adalah musibah, bisa jadi lupa adalah salah satu nikmat besar yang jarang disyukuri.

Lupa bahwa uang kita ada di orang yang berhutang dan tak niat bayar adalah anugerah. Lupa bahwa diri kita pernah disakiti oleh seseorang adalah sebuah anugerah. Lupa pada kebaikan yang pernah kita berikan pada orang lain juga anugerah. Lupa pada orang terdahulu, yang sering disebut dengan istilah mantan, juga sebuah anugerah. Bayangkan kalau kita ingat terus hal tersebut di atas, betapa sedih dan menderitanya. Benar kata orang yang sudah move on: "Buanglah mantan pada tempatnya."

Meski lupa itu adalah bisa bermakna anugerah, pesanku cuma satu: "Ingatlah selalu bahwa kita masih hidup dan kita adalah hamba Allah." Salam, AIM. [*]

 
Embed Widget

x