Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 23 September 2017 | 10:58 WIB

Salam Pagi, Jadikan Harimu Berbunga

Oleh : KH Ahmad Imam Mawardi | Jumat, 7 Juli 2017 | 00:30 WIB
Salam Pagi, Jadikan Harimu Berbunga
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

BARU saja datang berjalan menuju tanah saudara saya yang akan segera dibangun rumah. Wilayahnya dekat pondok kami. Nuansanya rindang dengan pepohonan pinggir jalan dan rerumputan alami di sekitarnya.

Pagi itu, sisa tetesan embun masih terlihat dan terasa. Sejuknya alam desa saat kecil dulu bisa di rasa di tengah kota Surabaya ini. Lalu, sesempurna itukah? Tak adakah onak dan duri?

Bagaimanapun, tak ada kesempurnaan yang sempurna di dunia ini. Mengharapkan kesempurnaan selain Allah adalah kesia-siaan. Menghukumi kekurangan seseorang sebagai sebuah kesalahan mutlak adalah keteledoran. Nikmati saja jalan hidup dengan segenap kisah dan pernak perniknya.

Sedang diuji atau diterpa musibah? Itu adalah bagian pernak pernik kehidupan. Apakah ujian itu sebagai cara Allah menguji kekuatan manusia? Berikut fatwa dari ulama, "Ujian dalam kehidupan bukanlah ujian untuk kekuatan dirimu, melainkan ujian sekuat apa permohonan pertolonganmu kepada Allah, kepercayaanmu kepada Allah. Dekatlah kepada Allah dan tawakkallah kepadaNya, maka segala sesuatu akan mendekat kepadamu."

Subhanallaah, dahsyat bukan? Masihkah akan menuhankan logika dan kekuatan diri dalam menyelesaikan masalah? Salam, AIM. [*]

 
Embed Widget

x