Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 November 2017 | 11:54 WIB

Musibah Menimpa karena Kesalahan Diri Sendiri

Oleh : - | Sabtu, 1 Juli 2017 | 10:00 WIB
Musibah Menimpa karena Kesalahan Diri Sendiri
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

BELAKANGAN ini musibah marak terjadi dalam kehidupan kita. Mulai dari musibah yang terjadi pada diri sendiri, orang lain maupun musibah bagi bangsa. Terkadang kita bertanya-tanya, mengapa Allah memberikan musibah ini kepada kita?

Kita seringkali merasa menjadi orang yang baik sehingga kita lupa dengan dosa-dosa yang pernah kita perbuat. Karena musibah tidak akan datang jika kita telah mentaati perintah Allah dengan semestinya.

Telah Allah jelaskan dalam al-Quran, "Apa saja nikmat yang kamu peroleh adalah dari Allah, dan apa saja bencana yang menimpamu maka dari (kesalahan) dirimu sendiri." [QS An Nisa`: 79].

Tentunya sangat jelas bagi kita, dalam ayat di atas disebutkan bahwa segala kenikmatan yang kita dapatkan di dunia ini adalah atas karunia Allah Swt. dan segala bencana yang menimpa diri kita sesungguhnya atas perbuatan kita sendiri. Nampaknya kita harus mulai intropeksi diri dan berbenah dari segala kesalahan yang akhirnya mengundang musibah dalam diri kita.

Namun tidaklah Allah berikan segala musibah ini melainkan pasti ada hikmahnya. Tidak serta merta Allah berikan musibah kepada makhluk-Nya tanpa tujuan yang baik. Selalu ada hikmah di setiap musibah yang Allah berikan. Allah telah jelaskan bahwa musibah yang datang adalah karena perbuatan kita sendiri dan sebagian besar telah Allah maafkan kesalahan-kesalahan kita.

Apa saja musibah yang menimpa kalian adalah disebabkan oleh perbuatan kalian sendiri dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahan itu)." [QS Asy Syura: 30].

Sudah saatnya kita kembali. Kembali kepada Allah yang telah menciptakan kita. Sesungguhnya kita berasal dari-Nya dan akan kembali kepada-Nya. Semoga setiap musibah yang kita hadapi akan mengantarkan kita kepada cintanya Allah dan lebih dekat dengan-Nya. []

Komentar

 
Embed Widget

x