Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 26 Juni 2017 | 19:25 WIB

Pohon Zaqqum, Makanan Orang Kafir Penghuni Neraka

Oleh : - | Minggu, 18 Juni 2017 | 12:00 WIB
Pohon Zaqqum, Makanan Orang Kafir Penghuni Neraka
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

POHON zaqqum, beberapa kali disebutkan dalam Alquran. Berikut ayat yang menyinggung pohon zaqqum.

Pertama, firman Allah di surat as-Shaffat,

"(Makanan surga) itukah hidangan yang lebih baik ataukah pohon zaqqum. Sesungguhnya Kami menjadikan pohon zaqqum itu sebagai fitnah (ujian) bagi orang-orang yang zalim."

Allah juga menyebutkan, pohon ini tumbuh dari dasar neraka. Pohon itu sangat jelek. Sebagai makanan orang kafir. Allah berfirman dilanjutan ayat,

"Sesungguhnya pohon itu adalah sebatang pohon yang ke luar dari dasar neraka.) Mayangnya seperti kepala setan. Sesungguhnya mereka benar-benar memakan sebagian dari buah pohon itu, maka mereka memenuhi perutnya dengan buah zaqqum itu. (QS. as-Shaffat: 62 63)

Allah sebut, pohon zaqqum itu sebagai fitnah bagi orang zalim. Karena ketika Nabi shallallahu alaihi wa sallam menyampaikan informasi tentang pohon Zaqqum, manusia terbagi menjadi dua golongan.

Golongan pertama, mengimani dan meyakini kebenaran berita yang beliau sampaikan. Merekalah orang-orang yang beriman.

Kelompok kedua, mengingkari dan menolaknya dengan berbagai pertimbangan logika.

- Bagaimana mungkin pohon bisa tumbuh di dasar neraka yang apinya menyala-nyala? Itu hanya ilusi, nggak mungkin.

Dan alasan lainnya, yang membuat mereka mengingkari kebenaran pohon ini. Informasi mengenai keberadaan pohon ini, semakin membuat mereka jadi kafir.

Kedua, di surat al-Isra, Allah menyebut pohon ini sebagai pohon terlaknat.

Allah berfirman,

"Kami tidak menjadikan mimpi yang telah Kami perlihatkan kepadamu, melainkan sebagai ujian bagi manusia dan (begitu pula) pohon kayu yang terkutuk dalam Al Quran. Dan Kami menakut-nakuti mereka, tetapi yang demikian itu hanyalah menambah besar kedurhakaan mereka. (QS. al-Isra: 60).

Al-Hafidz Ibnu Katsir menegaskan bahwa yang dimaksud pohon terlaknat dalam ayat di atas adalah pohon zaqqum, berdasarkan kesepakatan ahli tafsir. (Tafsir Ibn Katsir, 5/92).

Ayat ini diturunkan dalam rangka memperingatkan orang kafir, akan ancaman di akhirat. Nabi shallallahu alaihi wa sallam menyampaikan kepada mereka, kejadian luar biasa yang beliau jumpai selama isra miraj. Diantaranya, pohon zaqqum. mereka akan diberi makanan pohon terlaknat, yang tempatnya di neraka. Namun ini justru membuat mereka semakin kafir. (Tafsir as-Sadi)

Ibnu Katsir menyebutkan riwayat dari Ibnu Abbas, ketika beliau menafsirkan ayat ini,

"Bahwa setelah Nabi shallallahu alaihi wa sallam menceritakan tentang pohon Zaqqum, Abu Jahal langsung berkomentar,

"Sini, ambilkan kurma sama krim susu." Lalu dia mengunyah kurma dan krim itu. Sambil mengatakan, "Tazaqqamuu (telan ini). Kami tidak kenal istilah zaqqum selain ini." (Tafsir Ibnu Katsir, 5/92)."

Ketiga, di surat ad-Dukkhan, Allah sebut Zaqqum sebagai thaam al-atsim (makanan tukang maksiat). Makanan ini bisa menghancurkan isi perut,

"Sesungguhnya pohon zaqqum itu. Makanan orang yang banyak berdosa. Dia sebagai kotoran minyak yang mendidih di dalam perut. Seperti mendidihnya air yang amat panas.. (QS. ad-Dukhan: 43- 46).

Allah sebut pohon ini sangat panas. Ketika dimakan, seperti makan minyak mendidih. Kata Imam Mujahid murid Ibnu Abbas ,

"Andai setetes getah pohon ini turun ke bumi, akan merusak semua kehidupan penduduk bumi. (Tafsir Ibnu Katsir, 7/260).

Keempat, keterangan di surat al-Waqiah,

"Kemudian sesungguhnya kamu hai orang-orang yang sesat lagi mendustakan ( ) Benar-benar akan memakan pohon zaqqum, dan akan memenuhi perutmu dengannya. (QS. al-Waqiah: 51 53).

Setelah menjalani siksaan yang demikian mengerikan, mereka sangat kelaparan. Membuat mereka terpaksa makan pohon yang bentuknya jelek dan merusak isi perut.

Pohon itu Ada di Dunia?

Tersebar gambar pohon yang bunganya mirip gambar setan menurut anggapan manusia. Apakah benar itu pohon zaqqum? Hoax Pohon Zaqqum yang tersebar saat ini aslinya bernama dried snapdragon flower.

Kita bisa dekati info ini dengan dua catatan. Pertama, Allah sebut pohon zaqqum tumbuh di dasar neraka.

"Sesungguhnya pohon itu adalah sebatang pohon yang ke luar dari dasar neraka." Artinya, pohon yang Allah ceritakan di sini bukan pohon dunia, tapi pohon di akhirat. Allah tumbuhkan dari dasar neraka.

Kedua, ketika informasi tentang zaqqum ini disampaikan Nabi shallallahu alaihi wa sallam, orang-orang kafir mengingkarinya. Yang menunjukkan mereka tidak pernah kenal istilah zaqqum sebelumnya, selain seperti yang disampaikan Abu Jahal, zaqqum dari kata azqama yang artinya menelan.

Jika pohon itu sudah ada, mereka akan memahami gambaran pohon yang dimaksud. Tapi ternyata kata zaqqum menurut mereka semakna dengan kata azqama, yang artinya menelan.

Ketiga, Wajah setan memang jelek, tapi siapa yang tahu wajah setan yang asli. Gambar wajah dengan penampakan 3 lubang lingkaran, 2 lubang mata dan satu lubang mulut, hanyalah ilustrasi manusia tentang wajah setan. Tapi tentu saja, kita tidak tahu pasti, apakah betul itu wajah asli setan.

Allah menyebut, mayang pohon zaqqum seperti kepala setan,

"Mayangnya seperti kepala setan.."

Tapi kita tidak tahu, bagaimana rupa asli kepada setan itu.

Tidak ada konsekuensi amal untuk informasi tentang pohon zaqqum. Selain kita wajib meyakini dan mengimani kebenarannya. Dan menumbuhkan rasa takut terhadap neraka, sehingga kita berusaha untuk lebih waspada dalam menjalani hidup.[Ustaz Ammi Nur Baits]

Tags

 
x